Minggu, Oktober 2, 2022
spot_img

Sajikan Data Awal Disertasi, Mahasiswa S3 Pendidikan Seni UNNES Gelar Pameran Daring

BerandaDaerahSajikan Data Awal Disertasi, Mahasiswa S3 Pendidikan Seni UNNES Gelar Pameran Daring

radarpena – Sebanyak 11 mahasiswa S3 Universitas Negeri Semarang (UNNES) angkatan 2019, akan menggelar pameran data penelitian seni pada Senin (11/1/2021).

Kegiatan ini diampuh oleh Dr Agus Cahyono MHum dan Dr Muh Ibnan Syarif MSn, dan akan dibuka oleh Direktur Pascasarjana UNNES, Prof Dr Agus Nuryatin MHum.

Kegiatan bertajuk “Nusantara Art Studies” akan mengundang beberapa dosen dari kampus lain untuk turut serta berapresiasi dan diskusi bedah pameran yang akan dikuratoriali oleh Prof Dr. Tjetjep Rohendi Rohidi, MA.

Ketua Pelaksana Pameran, Riyan Hidayatullah mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mempresentasikan ragam kesenian dan fenomena budaya kepada masyarakat yang digali dari data awal penelitian masing-masing mahasiswa.

Pameran ini, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi masyarakat terhadap nilai-nilai budaya daerah yang diambil dari fenomena kesenian.

“Salah satu profil lulusan program doktor pendidikan seni adalah menjadi peneliti dan tenaga ahli dalam bidang pendidikan seni, baik pendidikan seni berbasis anak, disiplin ilmu seni dan pendidikan seni multikulrural,” jelasnya.

Kata dia, pameran hasil analisis data pendidikan seni hasil studi pendahuluan para mahasiswa program doktor ini sangat bermanfaat untuk pendokumentasian seni yang jenisnya tersebar di Nusantara.

“Harapan saya, semoga pameran data ini dapat menjadi awal dan modal yang baik untuk penyelesaian disertasi masing-masing mahasiswa,” ujar Koordinator Prodi S3 Pendidikan Seni UNNES, Prof Dr Totok Sumaryanto Florentinus MPd.

11 Mahasiswa S3 Pendidikan Seni UNNES Angkatan 2019 tersebut adalah Moh Fathurrahman yang akan mengkaji tentang Tenun, Moh Fathurrahman Songket Suku Sasak Lombok dan Fajry Subhaan Syah Sinaga tentang Ekosistem Musik Trunthung di Kabupaten Magelang.

Selanjutnya, Emah Winangsit tentang Tembang Bocah Banyumasan Karya Fadjar Sopsan, Alfa Kristanto akan meneliti tentang Penyajian Musik Gamelan dalam Liturgi Ibadah di Gereja Baptis Indonesia (GBI) Ngembak Semarang, dan Richard J Kapoyos akan meneliti Musik Bia di Minahasa Utara.

Kemudian, Bandi Sobandi akan meneliti Enkulturasi Batik Kasumedangan pada Komunitas Gentra Sumedang, Nike Suryani tentang Fungsi Pertunjukan Tradisi Silat Perisai, Laila Fitriah tentang Ekspresi kesenian Gambus di Kota Pekanbaru, Eka Titi Andaryani tentang Lagu Tegalan, Riyan Hidayatullah tentang Gitar Tunggal Lampung, dan Putri Yanuarita Sutikno tentang Sosialisasi Lagu Anak Karya Djito Kasilo di Yogyakarta.

Fajry, seorang peserta pameran dan mahasiswa S3 Pendidikan Seni Angkatan 2019 mengatakan, pameran data ini merupakan salah satu langkah awal untuk semakin memantapkan objek material yang akan dikaji dalam disertasi nantinya.

“Saya sangat bersyukur dapat menempuh kuliah di S3 Pendidikan Seni UNNES karena dengan bimbingan dosen yang sangat berkompeten di bidang seni, sangat memacu semangat kita untuk terus berkreativitas dalam ruang akademik meskipun di tengah pandemi yang sedang melanda,” ujarnya. (rls/red)

Berita Terbaru