Rabu, September 28, 2022
spot_img

Antisipasi Pohon Tumbang, DP3KP Rapikan Dahan Yang Beresiko

BerandaHeadlineAntisipasi Pohon Tumbang, DP3KP Rapikan Dahan Yang Beresiko

BANDUNG –  Dimusim penghujan disertai angin kencang ini, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung terus melakukan upaya antisipasi pohon tumbang diantaranya dengan memangkas sejumlah dahan dan ranting pohon serta mengganti pohon pohon yang disinyalir sudah keropos atau rapuh dengan pohon yang lebih kuat.

Kepala DPKP3 Dadang Dharmawan mengatakan sampai hari ini meksi pandemi covid-19 petugas pemangkas pohon selalu bertugas.
Pemangkasan pohon berlangsung di semua jalan khususnya jalan utama yang memang pohon sudah berusia diatas 10 tahun.
“Terus garap ya, baik pemeliharan atau potong dahan dan Ranting agar tidak terlalu tinggi dan lebar,” jelasnya.
Pohon pohonnya sendiri kata Dadang berada disemua jalan Kota Bandung namun untuk di jalur jalan Dago, Cipaganti, Soekarno Hatta, Trunojoyo, Dipenogoro, Riau terutama dari jalan Seram ke Ahmad Yani terus dilakukan pemeliharaan cukup intens.
Pasalnya disana karakteristik pohon angsana yang ditahan
mudah rapuh. Pohon angsa itu sendiri banyak berada di jalan Kopo, Dipenogoro dan jalan Ciganitri.
Sedang untuk pohon flamboyan terangnya penyakitnya itu keropos batang apalagi jika ada perlakuan disengaja atau tidak pembakaran sampah dekat pohon ttersebut maka keropos lebih cepat, disamping itu krakteristik akar pohon mengangkat tanah, sedang lahan di Kota Bandung terbatas.
 “Ada jalan, trotoar, drainase, membuat akar terpotong. Untuk yang di jalan Wastukancana ditanam pohon mahoni dan kanari itu relatif lebih kuat. Begitu juga pmohon bunggur dalam masa pertumbuhannya tahan terhadap penyakit dan keluar bunga warna ungu jadi penghias,” terang Dadang.
Selain pohon mahoni, bunggur dan flamboyan, pemkot Bandung pun banyak menanaman pohon tabe buya kuning di jalan Braga, katapang kencana, tabe kuya ungu di jalan Peta.
“Tahun 2021 anggaran penghijauan dan pemeliharan Rp3 miliar,” bebernya.(kai)

Berita Terbaru