Rabu, September 28, 2022
spot_img

Proyek BIUTR Belum Ada Kepastian

BerandaHeadlineProyek BIUTR Belum Ada Kepastian

BANDUNG –  Tahun 2020 lalu Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) disebutkan akan dimulai pada 2021 namun ternyata hal itu belum memungkinkan terwujud.

Disampaikan Wali Kota Bandung Oded M Daniel BIUTR baru kembali di bahas dalam diskusi Bina Wilayah dari Dirjen Bina Marga Kementrian PUPR dengan Wali Kota Bandung secara Virtual di Pendopo tadi pagi.
Semula BIUTR itu kata Oded, dari jalan Ujung Berung belok kanan tetapi tadi ada opsi lain.
“BIUTR sekarang sedang ada pembahasan di internal Pupera jajaran pusat. Rencana awal dari Ujung Berung tidak belok kanan nyambung ke KM 149 yang sekarang tol Gedebage tapi kalau opsi lain terus ke timur Cileunyi nyambung ke Cisumdawu,” papar Oded.
“Alhamdulilah Pemkot yang mendapat manfaat, mendorong terus, anggaran dari pusat, bentuk pola skema kita tidak ikut. Hanya lahan di kita, kita bakc up perijinan saja,”ujarnya.
Lanjutnya dalam diskusi itu dibahas juga
bagaimana progres rencana kedepan pembangunan infrastruktur di kota Bandung.
Salah satunya dibahas flyover Kopo, yang diharapkan pengerjaan paling lama 2 tahun dari tahun 2022. Begitupun untuk flyover di simpang Buah Batu atau Samsat.
Sampai hari ini kata Oded penambahan flyover ada 3 di jalan Jakarta, jembatan pelangi dan di Gatot Subroto. Nanti akan di Kopo, Buah Batu dan Pasteur.
Untuk di Buah Batu kata Oded harus  koordinasi dengan provinsi.
“Ini sudah jadi program untuk mengurai kemacetan, selain flyover juga tadi dibahas kolam retensi.  Salah satunya yang ditinjau pak wakil di Sukajadi Sukawana mereka siap bikin kolam retensi juga, intinyai ini untuk mengurangi kemacetan dan banjir,” tandasnya.(kai)

Berita Terbaru