Sabtu, Oktober 1, 2022
spot_img

Sambut Imlek, Vihara Dharma Ramsi Kota Bandung Bersihkan Patung Dewa

BerandaHeadlineSambut Imlek, Vihara Dharma Ramsi Kota Bandung Bersihkan Patung Dewa
BANDUNG – Sambut perayan Imlek 12 Februari 2021, Vihara Dharma Ramsi, Jalan Cibadak, Kota Bandung mulai membersihkan ratusan patung patung.
Sebanyak 28 altar yang terdiri dari beberapa patung dewa secara bergotong royong dibersihkan oleh umat Tionghoa. Satu persatu patung pun yang berdebu  dibersihkan menggunakan air serta tuas.
Setiap altar yang berisi tiga hingga 10 patung dibersihkan oleh satu hingga tiga orang.
Hal itu memang rutin dilakukan setiap tahunnya sehingga pengelola Vihara tidak lagi harus membagi tugas umat yang ingin turut serta membersihkan patung.
“Setiap menjelang Imlek, semua patung dibersihkan. Karena sudah jadi kebiasaan setiap tahun, jadi dia setiap tahunnya tetap membersihkan patung-patung yang ada di satu altar. Jadi setiap altar sudah ada yang pegang,” ujar pengurus Vihara Dharma Ramsi, Asikin, Sabtu, (6/2/2021).
Menurut Asikin, setiap umat yang membersihkan patung-patung dewa mempunyai kepuasan tersendiri. Bahkan, dengan membersihkan patung-patung dewa yang tetap pada satu altar setiap tahunnya membawa keberuntungan.
“Hoki saya bagus ngebersihin yang ini. Itu kan jadi satu perasaan aja. Jadi saya sudah enggak pusing, karena udah ada yang pegang setiap altar,” sahutnya.
Asikin pun menyebutkan, hanya satu tahun sekali patung-patung dewa tersebut dibersihkan. Pasalnya jika rutin misalnya sebulan sekali, khawatir warna patung tersebut akan memudar karena sering digosok atau terkena air.
“Setiap jelang Imlek baru kita bersihkan, semua debu-debunya, di lap, bahkan pake tuas biar tidak kegores-gores,” tuturnya.
Sebelum dibersihkan, dilakukan ritual dahulu agar roh dewa-dewa tersebut pergi ke langit. Pasalnya, jika masih terdapat roh dewa-dewa, patung tersebut tidak boleh dipegang sembarangan sesuai dengan kepercayaan umat Tionghoa.
“Jadi enggak boleh dipegang sembarangan, itu ada istilahnya ritual dulu agar dewa-dewa pergi dulu ke langit, baru sudah itu bisa dibersihkan,” ungkapnya.
Lanjutnya, di Vihara Dharma Ramsi tersebut ada 500 patung. Namun pada setiap altar, terdapat satu dewa yang menjadi pemimpin.
“Setiap altar itu ada satu dewa, seperti Dewa Keberuntungan, Dewa Jodoh, Dewa Pertimbangan. Kalau misal yang disamping-sampingnya itu disebut pendamping dewa, karena ada juga yang datang kesini menyimpan patung disamping beberapa dewa setiap altarnya,” kata Asikin.(kai)

Berita Terbaru