Rabu, September 28, 2022
spot_img

Tahun Ini Ibadah Lilin Malam Imlek Ditiadakan

BerandaHeadlineTahun Ini Ibadah Lilin Malam Imlek Ditiadakan
BANDUNG – Mengikuti anjuran pemerintah untuk berdoa di rumah masing-masing di masa pandemi covid-19. Pengelola Vihara Dharma Ramsi memastikan tidak ada ibadah penyalaan lilin pada malam Imlek pada 12 Februari tahun 2021 secara terbuka bagi umat Tionghoa.
“Biasanya malam Imlek ada penyalaan lilin, tapi tahun ini tidak melaksanakan. Kita ikuti anjuran dari pemerintah dan kita mendukung juga untuk tidak berkerumun,” ujar pengelola Vihara Dharma Ramsi Bandung, Asikin, (Sabtu, 6/2/2021).
Asikin menuturkan, biasanya sehari sebelum hari raya Imlek, umat Tionghoa kerap menyalakan lilin yang sudah di pesan di Vihara tersebut. Bahkan Viraha tersebut pun sangat padat dikungjungi umat untuk menyalakan lilin dan berdoa.
“Biasanya kan malem Imlek itu suka penuh sekali disini, nyalakan lilin dan berdoa sampai subuh. Tapi untuk tahun ini tidak ada, karena itu kan berkerumun,” sahut Asikin.
Saat ini, lanjut Asikin, umat yang biasa nyalakan lilin secara langsung hanya bisa menitipkan kepada pengelola sesuai dengan ukuran lilin yang telah dipesan. Pengelola pun rencananya akan menyalakan lilin secara bersamaan tidak harus menunggu pemiliknya datang.
“Dulu bersama kalau sekarang sudah tidak. Misalnya orang nyuruh ke kita untuk nyalain lilin ya kita nyalain,” sambungnya.
Asikin sejak jauh hari telah memberikan imbauan kepada umat yang biasa beribadah di Vihara tersebut terkait aturan itu. Hal itu pun, lanjut Asikin, sebagai dukungan umat Tionghoa untuk memutus penyebaran covid-19.
“Sudah dua kali saya kasih informasi, pengumuman dan imbauan, kalau tahun ini tidak bisa menyalakan lilin secara langsung pada malam Imlek. Mereka pun mengerti dengan keadaan sekarang,” ungkapnya.(kai)

Berita Terbaru