Kamis, September 29, 2022
spot_img

Posko Dibentuk Hanya di Wilayah Label Merah

BerandaHeadlinePosko Dibentuk Hanya di Wilayah Label Merah

BANDUNG – Ketua Harian Satuan Tugas penanganan covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna menyampaikan bahwa posko covid akan dibentuk di kelurahan atau level RT RW yang berlabel merah saja. Jika kelurahan, RT, RW itu tidak tinggi kasus covid-19 nya maka tidak harus didirikan posko.

Pembentuk posko pun tidak identik dengan cek poin namun praktisnya manfaatkan kantor RT, RW saja.
“Kalau seperti cek poin baya berat kita, anggaran gak ada, kalau daerah itu tidak dilabelin waspada merah tidak harus buat posko,” jelas Ema di balaikota.
Di posko sendiri lanjutnya dapat data semua terkait warga terpapar covid.
“Contohnya di RW ada data bukan ngaronda tapi disana ada betul di daerah ini yang kena covid namanya Ema, alamat RT anu, dipantau, untuk kecepatan pengangan link ke puskesmas, atau tenaga kesehatan, petugas keamanan, bagaimana kepedulian kita berbagi misal kesehatannya apalagi secara ekonomi terbatas, menyumbang selama isoman kalau tempat isolasi tidak memadai dan menjadi utama harus dimasukkan ke rumah sakit,” bebernya.
Jadi kata Ema, semua penanganan terlibat di posko tersebut, mulai dari percepat konsolidasi, pencegahan, penanganan, pembinaan dan pemberian dukungan penanganan pandemi.
Sementara jika ada wilayah level kecamatan, kelurahan, RW dan RT bisa mandiri tanpa melibatkan satgas kota diakui Ema itu lah kampung tangguh namun tetap pelaporan akan berkoordinasi dengan kota. Dan sayangnya Ema mengaku belum menemukan wilayah kemandirian itu.(kai)

Berita Terbaru