Senin, September 26, 2022
spot_img

Vaksinasi untuk Lansia Dimulai Jumat Ini

BerandaHeadlineVaksinasi untuk Lansia Dimulai Jumat Ini

BANDUNG –  Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Achyani Raksanegara menyampaikan pada Jumat ini warga yang sudah lanjut usia (lansia) akan divaksin. Namun mereka yang divaksin belum seluruhnya kemungkinan hanya sekian persen dari jumlah total lansia.

Hari Rabu (24/2/2021) dilakukan sosialisasi terlebih dulu, hari Kamis dilakukan pendistribusian ke seluruh fasilitas kesehatan.

Kata Achyani, sasar yang harus divaksin dari pusat sebanyak 118.870 orang, diharapkan tahap dua termin ke satu semua dapat.
“Makanya meminta komitmen semua supaya cepat supaya segera ke termin berikut, karena pusat tidak akan memberikan tambahan kalau vaksin belum digunakan,” ungkap Achyani saat dihubungi.
 Selain lansia pemberian vaksin pun masih kepada SDM kesehatan yang pada tahap satu belum disuntik karena belum ada vaksin tambahan atau perluasan kriteria, dari yang tidak boleh sekedang boleh diantaranya tensi diatas 120 dulu, ibu menyusui, penyitas covid-19, ibu hamil.
“Lansia Jumat 24 ribu dibagikan ke fasilitas kesehatan yang mereka pilih,  lansianya dikasih tahu agar bisa hadir untuk divaksin kemana mana nya,” jelasnya.
 Sementara untuk pedagang di pasar tradisional, pelayanan publik baru diberikan 7 persen total data yang disampaikan.
Maka dilakukan penghitungan prioritas dari Kemenkes agar ada dibeberapa sasaran, sekian persen sudah harus divaksin.
“Yang memilih nama para penerima vaksin oleh penanggungjawabnya,” tambahnya.
Awal Pemkot Bandung melalui dinkes mendata sekitar 140-143 ribu vaksin namun baru dapat 9970. Itu bagi pelayanan publik (TNI, Polri, pegawai BUMD, ASN, polri), pedagang pasar, tokoh agama dan lainnya.
“Ada sekitar 140-143 orang, alokasi tahap dua termin satu sebanyak 9970, ada arahan siapa yang duluan dari kemenkes. Intinya semua lansia, pelayanan publik, sasaran tahap satu atau dua yang belum agar bersabar saja disesuaikan ketersediaan vaksin, yang penting mendapatkan diri dulu di portal yang tersedia,” tandasnya.(kai)

Berita Terbaru