Rabu, Oktober 5, 2022
spot_img

Vaksinasi Lansia Sudah Mulai Dilakukan

BerandaHeadlineVaksinasi Lansia Sudah Mulai Dilakukan
BANDUNG – Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani mengatakan hari ini pelaksanaan perdana untuk vaksinasi lansia di Kota Bandung.
“Salah satunya di RS Al Islam, kami baru mendapatkan data tersebut kemarin dan distribusikan kepada fasilitas kesehatan kemarin dan RS Al Islam sudah menghubungi satu-satu calon penerima vaksin yang sudah terdaftar,” jelas Rosye usai memantau pelaksanaan vaksin lansia di RS Al Islam, Jumat (26/2/2021).
“Jadi mereka sistemnya itu melakukan pendaftaran kemudian kami lakukan verifikasi dan dikirim ke fasilitas kesehatan sesuai dengan pemilihan (lokasi faskes) saat mendaftar, dan hari ini Alhamdulillah baru ada 36 yang terverifikasi, karena dilakukan pengecekan pengecekan oleh RS,” tandasnya.
Total lansia yang ada di Kota Bandung kata Rosye, sebetulnya hampir 300 ribu, namun untuk vaksin yang diterima dosis satu ini adalah sekitar 1.18 ribuan, jadi bertahap tidak bisa semuanya dalam satu bulan ini.
Pihaknya, akan melakukan vaksinasi tahap dua untuk lansia dan pelayan publik ini sampai Juni minggu kedua.
“Jadi waktunya masih cukup panjang, kami melakukan vaksinasi sesuai dengan ketersediaan vaksin.
Sekarang tergantung peserta dan ketersediaan vaksinnya, karena lansia ada beberapa karakteristik, tidak semua lansia bisa melakukan vaksinasi, kita harus pastikan mereka mendapatkan vaksinasi secara aman,” ungkapnya.
Tempat vaksinasi sendiri kata Rosye menyebar diseluruh fasilitas kesehatan atau 184 faskes, tapi untuk lansia memang tidak bisa di mana saja, harus memastikan fasilitas yang menjadi tempat ini fasilitas kesehatan yang aman untuk kegawat daruratan.
Masih kata Rosye, saat ini kendala yang dialami yakni proses awal, saat dicek satu-satu ada yang HP nya tidak aktif sehingga hanya terkumpul 36 karena ini yang berhasil dihubungi dan lolos verifikasi padahal data yang sudah diberikan itu ada 300 data.
“Ini semua berproses, masyarakat harus memastikan nomor hp nya aktif kemudian RS Al Islam¬† melakukan screening by phone dulu untuk memastikan apakah memungkinkan atau tidak, harus jujur menyampaikan kondisinya,” tegasnya.
Bagi penyintas atau orang sudah terpapar covid-19, vaksin dapat diberikan jika sudah lebih tiga bulan dinyatakan negatif.
Dinkes kata Rosye tidak mendata spesifik siapa saja yang sudah lewat tiga bulan. Diharapkan pemberian vaksin dosis pertama ini selesai di dalam satu bulan ini.(kai)

Berita Terbaru