Minggu, Oktober 2, 2022
spot_img

4000 Pendaftar Petani Milenial Bukan Warga Jabar

BerandaJawa Barat4000 Pendaftar Petani Milenial Bukan Warga Jabar

BANDUNG – 4000 pendaftaran petani milenial 4.0 ternyata bukan warga Jawa Barat, alhasil tidak memenuhi syarat dan tidak diterima.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun media sosial Instragram.

Kata Emil sapaan akrabnya Ridwan Kamil minggu depan pemerintah provinsi Jawa Barat akan mengumumkan meraka yang lolos mendaftar petani milenial.

“Minggu depan akan diumumkan yang lolos program petani milenial 4.0. Banyak sekali yang mendaftar tapi dari luar Jawa Barat atau tidak memenuhi syarat, sekitar 4000-an sehingga belum bisa kami terima. Insya Allah kami promosikan di provinsi provinsi lain dengan konsep yang sama. “Tinggal di desa, rejeki kota, bisnis mendunia”,” tandas Emil.

Seperti diketahui Sebanyak 6.000 milenial Jawa Barat (Jabar) telah mendaftar program Petani Milenial Juara melalui situs
https://petanimilenial.jabarprov.go.id/.
Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar Benny Bachtiar mengatakan, pendaftaran Petani Milenial Juara masih dibuka. Gubernur Jabar Ridwan Kamil sendiri menargetkan 5.000 milenial tergabung dalam program tersebut.

“Pendaftaran program Petani Milenial masih terus berjalan hingga kini. Sedangkan, waktu penutupan akan diinfokan kembali,” kata Benny di Kota Bandung, Kamis (11/2/2021).

Milenial paling banyak mendaftar berasal dari kawasan Bandung Raya seperti Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, serta Kabupaten Sumedang dan Garut.

Profil para pendaftar sekitar 45 persen berumur 20-24 tahun dan 28 persen berumur 25-29 tahun. Pendaftar didominasi laki-laki sekitar 87 persen sedangkan perempuan 13 persen.

Setelah mendaftar, para calon petani muda ini akan disaring secara administrasi, salah satunya terkait pemenuhan syarat bila diperlukan kredit dari lembaga keuangan. Kemudian, calon petani akan menjalani skrining teknis di perangkat daerah. Setelah lolos, pemuda ini akan dilatih lebih dalam sebelum terjun ke lapangan.

Benny menuturkan, program Petani Milenial Juara ini tidak hanya mencakup bidang pertanian tapi termasuk peternakan, perikanan, dan perkebunan.(kai)

Berita Terbaru