Sabtu, Desember 3, 2022
spot_img

Harga Cabai Masih Tinggi, Ini Dia Penyebabnya

BerandaHeadlineHarga Cabai Masih Tinggi, Ini Dia Penyebabnya

BANDUNG – Masa panen cabai-cabaian mundur menjadi salah satu faktor harganya terus merangkak naik. Saat ini harga cabai di angka Rp125.000/kg.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan kemunduran masa panen terjadi di daerah produsen sehingga pasokan ke kota Bandung berkurang.

“Mudah mudahan panen perdana cabai cabaian awal April dan jelang ramadhan sedang panen raya sehingga ada penurunan harga,” ungkap Elly saat dihubungi.

Selain kemunduran masa panen, cuaca dan serangan hama mengakibatkan gagal panen sehingga pasokan berkurang.

“Juga kualitas karena musim hujan cabai banyak air, jadi kualitas kurang bagus. Kita akui di Bandung ini banyak restoran, cafe dan hotel yang membutuhkan banyak cabai merah tanjung, rawit dan keriting,” tuturnya lagi.

Elly menyarankan agar saat berupaya mengurangi dulu pemakaian cabai fresh dan beralih sementara ke cabai cabai yang dikeringkan.

Ditambahkan Kepala Bidang Distribusi Perdagangan dan Pengembangan E-Commerce Disdagin, Meiwan Kartiwa, soal Operasi Pasar (OP), pihaknya masih menunggu tren harga yang berkembang. Selain itu pihaknya pun harus memastikan stok untuk OP tersedia.

“Penurunan ataupun kebutuhan cabai sendiri kami belum punya data itu. Dan ini bukan hanya terjadi di Bandung ya. Kalau dari daerah produsen aman di kita juga aman, makanya kami terus komunikasi dengan daerah produsen dengan distributor,” ungkapnya.(kai)

Berita Terbaru