Kamis, September 29, 2022
spot_img

PSI Soroti Banyak Kepala Daerah di Jabar Ditangkap KPK

BerandaParlemen & PolitikPSI Soroti Banyak Kepala Daerah di Jabar Ditangkap KPK

BANDUNG – Beberapa Kepala daerah di Jawa Barat berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga melakukan tindak korupsi, seperti Wali Kota Cimahi dan kini disusul Bupati Kabupaten Bandung Barat rupanya jadi sorotan partai baru ini.

Menurut Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Furqon Amini bahwa oknum Bupati/Walkot yang melanjutkan tradisi korupsi kepala daerah sebelumnya yakni Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat menjadi contoh paling tragis.

“Sejak pemekaran, kepala daerah terpilih di kota dan Kabupaten itu menjadi langganan KPK. Artinya tidak ada efek jera atas penindakan oleh KPK,” jelas Furqon melalui rilis yang diterima redaksi, Rabu (24/3/2021).

DPW PSI Jabar, mendesak legislatif di semua level untuk ikut aktif mengawasi dan memberi masukan pada Kepala daerah, agar penyelenggaraan pembangunan di daerah Jawa Barat berjalan dengan baik untuk kepentingan rakyat Jawa Barat.

PSI juga memandang perlunya transparansi APBD. Pemda perlu membuka akses seluas mungkin terhadap perencanaan dan penggunaan anggaran daerah, dengan demikian masyarakat dapat ikut mengawasi serta aktif dalam strategi pencegahan tindak pidana korupsi di Jawa Barat.

Selain itu, PSI merasa perlu menegaskan bahwa tindak pidana korupsi sungguh-sungguh merusak seluruh sendi kehidupan masyarakat. Korupsi jelas akan menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat pemilih dan pada gilirannya akan menurunkan partisipasi rakyat dalam pilkada.

“Uang hasil pajak toh akan dikorupsi”. Jika itu terjadi maka pemerintah akan berhadapan vis a vis dengan rakyatnya sendiri,” gerutunya.(kai)

Berita Terbaru