Rabu, September 28, 2022
spot_img

Lewat Festival Situ Rawa Gede, Pemkot Bekasi Dongkrak Sektor Wisata di Tengah Pandemi

BerandaKota BekasiLewat Festival Situ Rawa Gede, Pemkot Bekasi Dongkrak Sektor Wisata di Tengah...

KOTA BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi bekerjasama dengan Kelompok Pemuda Peduli Lingkungan (KPPL) Situ Rawa Gede, menggelar Festival Situ Rawa Gede sebagai ajang promosi tempat wisata yang ada di Kota Bekasi, Rabu (7/4).

Acara Festival Situ Rawa Gede ini merupakan salah satu dari rangkaian acara HUT Kota Bekasi yang ke-24 dan masuk ke dalam Calender of Event Jabar 2021. Pelaksanaan acara ini tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada serta panitia menyiapkan rapid antigen bagi tamu yang hadir secara langsung.

Bertempat di Situ Rawa Gede Kelurahan Bojongmenteng Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi, Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, membuka langsung pagelaran Festival Situ Rawa Gede yang dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bekasi dan Perwakilan Dinas Kepariwisataan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

“Proses perjalanan merawat Situ Rawa Gede ini merupakan bagian dari salah satu visi Bang Pepen dan Mas Tri, yakni wisata dan budaya termasuk didalamnya itu lingkungan hidup, hal ini dapat meningkatkan destinasi wisata yang ada di Kota Bekasi,” ujar Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto.

Pria yang akrab disapa Mas Tri tersebut mengungkapkan, proses penataan dan pengelolaan kebersihan Situ Rawa Gede terus dilakukan Pemkot Bekasi dimana dahulunya banyak sampah botol plastik dan limbah, sehingga saat ini menjadi tempat destinasi yang layak seperti sekarang.

“Maka dari itu, kebersihan dan pengelolaan yang ada di tempat wisata ini harus terus ditingkatkan, mengingat ini merupakan masih tanggungjawab dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) dan Pemerintah Kota Bekasi sebagai pengelola,” tegasnya.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono juga memberikan apresiasi terkait kegiatan seni budaya, yaitu Kecamatan Tematik yang ada di Kota Bekasi, seperti Kampung Bali, 7 Mata Air Sumur Batu, Hutan Bambu, dan lain-lain agar terus dapat meningkatkan potensi wisata di Kota Bekasi sehingga membuat para pelaku usaha dapat maju dan berkembang di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini.

“Saya berharap Situ Rawa Gede ini dapat dinikmati oleh seluruh warga masyarakat yang ada, guna meningkatkan wisata serta pengetahuan budaya yang ada di Kota Bekasi,” pesannya.

Festival Situ Rawa Gede juga dapat disaksikan melalui youtube dan online melalui aplikasi virtual zoom. Acara dilanjutkan dengan pemukulan gong, pelepasan ikan dan dialog interaktif bersama Tri Adhianto serta Krisdayadi Ketua Kelompok Pemuda Peduli Lingkungan (KPPL) Situ Rawa Gede Kota Bekasi.(Ad/gir)

Berita Terbaru