Rabu, September 28, 2022
spot_img

Pedagang Pasar Sederhana Atas Berharap Jualan Lebih Marema

BerandaKota BandungPedagang Pasar Sederhana Atas Berharap Jualan Lebih Marema

BANDUNG – Sejumlah pedagang di bagian atas atau lantai dua Pasar Sederhana berharap jualannya ramai. Pasalnya selama 5 bulan sejak jualan diatas pemasukan menurun dibanding saat jualan dibawah.

“Disini saya sampai susah belanja, kalau dulu dibawah lebih dari 10 pasang pakaian terjual,” kata bu Umar (57).

Pedang pakaian ini mengaku ingin kembali berjualan dibawah.

“Apalagi mau bulan puasa, memang kita belum kena cas tapi lebih enak jualan di bawah,” harapnya.

Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Kota Bandung Herry Hermawan mengakui penjualan diatas memang sepi. Hal itu karena para pedagang yang sudah ditempatkan diatas masih saja turun ke bawah.

“Sebenarnya tugas memfasilitasi itu sudah kita lakukan dengan memberikan ruang dagang yang layak dan jumlahnya juga memadai jadi sudah kita hitung sebenarnya pedagang didalam maupun diluar yang PKL sudah bisa masuk harusnya tapi pedagang didalam sudah masuk semua alhamdulilah,” ungkap Herry usai mendampingi monitoring pangan di pasar tradisional bersama Wali Kota Bandung Oded M Daniel.

Masih kata Herry kebijakan penindakan pedagang kaki lima (PKL) diluar pasar adalah kewenangan kewilayahan.

“Mengapa lama, ini terjadi memang penanganan PKL yang diluar ini memang bukan wilayah atau teritori atau kewenangan PD Pasar nah ini memang leading sektornya adalah kewilayahan. Saya bukan melempar tanggungjawab tetapi justeru koordinasi yang terbaik ini yang harus dijalani,” ungkapnya.

“PKL PKL luar ini memang sulit, tidak tahu bagaimana caranya mereka didorong naik atas padahal dari sisi fasilitas sudah, 5 bulan ini memang betul kita berupaya terus dengan kecamatan terutama pihak kewilayahan untuk menjadi leading sektor untuk memindahkan,” jelasnya lagi

PD Pasar sendiri diakui Herry konsisten untuk pedagang didalam yang berada dibawah sudah dipindah ke atas namun turun lagi untuk dikembalikan ke atas. Himbau himbauan pun sudah dilakukan.

Bahkan diatas masih free atau bebas biaya, selain itu pihaknya juga memberitahukan pembeli dengan spanduk atau langsung supaya membeli di atas karena pedagang diatas pun sudah siap.

“Kalau pedagang didalam sudah kondusif kalau yang luar memang kewenangannya bukan kita tapi pihak kecamatan seperti tadi disampaikan pak wali sebagai leading sektornya,” utanya seraya mengatakan pedagang PKL di luar pasar ada 80 pedagang sedang didalam pasar seluruhnya ada 1500 pedang.

Saat monitoring pangan Wali Kota Bandung Oded M Daniel sempat dihampiri puluhan pedagang pasar sederhana. Mereka mengeluhkan kondisi penjualan yang kian menurun terlebih berjualan di bagian atas pasar.(kai)

Berita Terbaru