Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Buka Puasa Bersama Kali Ini Diperbolehkan, Tapi Ada Syaratnya

BerandaKota BandungBuka Puasa Bersama Kali Ini Diperbolehkan, Tapi Ada Syaratnya

BANDUNG – Meski ditengah pandemi covid-19, ibadah shaum tahun 2021 yang rencananya dilaksanakan 5 hari lagi, kini banyak hal diperbolehkan seperti acara buka puasa bersama, itiqaf di mesjid, salat tarawih, kuliah lima belas menit (kulimit), hingga pelaksanaan salat idul fitri.

Hal itu disampaikan Wali Kota Bandung Oded M Daniel usai melaksanakan rapat terbatas satuan tugas (satgas) penanganan covid-19 kota Bandung.

“Perpanjangan pemberlakukan PPKM Mikro hingga tanggal 19 April 2021 sesuai dengan INMENDAGRI NO 7 Tahun 2021 dan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 443/Kep.182-Hukham/2021 terus kita lakukan. Bulan suci ramadhan akan segera tiba, adapun kebijakan yang akan diterapkan di Kota Bandung adalah sebagai berikut. Diperbolehkannya pelaksanaan salat berjamaah (Tarawih dan Salat Ied) tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat,” papar Oded di balaikota, Jumat (8/4/2021).

Jumlah jamaah yang diizinkan dalam pelaksanaan salat berjamaah di dalam mesjid adalah sebesar 50% dari kapasitas mesjid. Pelaksanaan salat berjamaah diupayakan sesederhana mungkin dengan waktu yang tidak terlalu panjang.

Sedang untuk pelaksanaan salat Ied dilakukan di masjid dan di luar ruangan.

“Kegiatan buka bersama diperbolehkan, namun tetap diberikan Batasan yaitu 50% dari kapasitas tempat makan/restoran dan tetap menjaga protokol kesehatan. Kegiatan itikaf diperbolehkan dengan membatasi kapasitas 50% dari kapasitas masjid,” jelasnya.

Sementara itu hal yang tidak diperbolehkan selama ramadhan yakni kegiatan ngabuburit, sahur on the road dan kegiatan jalan bersama setelah subuh.

Untuk kegiatan kultum, ceramah dan lain lain kata Oded diperbolehkan namun dilaksanakan dengan singkat (maksimal 15 menit).(kai)

Berita Terbaru