Minggu, Oktober 2, 2022
spot_img

Kota Bandung Siap Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka Juli Ini

BerandaKota BandungKota Bandung Siap Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka Juli Ini

BANDUNG – Kota Bandung siap melaksa akan pembelajaran tatap muka (PTM) pada bulan Juli 2021 mendatang, namun demikian banyak hal yang harus dilakukan dalam pelaksanaannya.

“Sesuai dengan surat edaran bersama Menteri Kesehatan, Pendidikan, Agama, dan Dalam Negeri menyebutkan bahwa, prioritas alokasi vaksin yang diterima daerah salah satunya untuk vaksinasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Target vaksinasi selesai Bulan Mei 2021,” ucap Wali Kota Bandung Oded M Daneil usai rapat terbatas satuan tugas penanganan covid-19 di balaikota, Jumat (9/4/2021).

Vaksinasi PTK sendiri kata Oded akan dilakukan serentak di 30 Kecamatan dengan jumlah sasaran sebesar 33.886 ditambah jumlah PTK dari kementerian agama memiliki sasaran 2.018 sehingga jumlah total sasaran 35.904.

“Sasaran vaksin PTK ini pada jenjang SD, SMP, SMA, RA, MI, MTS, MA/MAK yang beralokasi di Kota Bandung. Hingga kini telah divaksin sebesar 2.200 PTK,” ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi bakal dilakukan secara masal di setiap kecamatan (Desentralisasi).

“Telah terjadi kesepakatan bahwa PTM ini dapat dilaksanakan dengan beberapa stakeholder pendidikan (Perwakilan Komisi D DPRD, Pengurus PGRI, AKSI, FAGI, dan lain lain). Hal ini menurut hasil FGD Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di Kota Bandung yang diselenggarakan secara virtual pada tanggal 7 April 2021 yang lalu,” ungkap Oded.

Untuk kriteria PTM Terbatas sendiri kata Oded sebagai berikut, pemenuhan daftar periksa (pemenuhan sarana prasarana untuk penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah). Sistem pembelajaran PTM terbatas ini akan dikombinasikan dengan pembelajaran jarak jauh.

Maksimum 3 jam dengan 2 mata pelajaran, kapasitas kelas 30-50% dengan jarak 1.5 m, tidak ada kegiatan ekstra kulikuler dan olahraga. Kesediaan orang tua murid : Orang tua murid dapat memilih anaknya untuk PTM atau Pembelajaran jarak jauh dengan tidak ada paksaan. Keamanan menjadi tanggung jawab bersama. Pembentukan Satgas covid 19 di Satuan Pendidikan

“Kriteria perilaku wajib protokol kesehatan di lingkungan sekolah 5M dan Melakukan etika bersin/batuk, Membawa peralatan sekolah dan ibadah sendiri. Kondisi medis di sekolah sebelum masuk area sekolah, pengecekan suhu tubuh dan ditanyakan keluhan dan kondisi kesehatan di anggota keluarga. Bila ada gejala atau ada anggota keluarga bergejala tidak diperkenankan masuk area sekolah,” bebernya.

“Sebelum pulang memastikan semua anggota di sekolah tidak ada keluhan. Tidak diperbolehkannya kantin sekolah untuk beroperasi. Kegiatan selain pembelajaran tidak diperbolehkan. Persiapan PTM akan dilakukan pada Bulan April 2021 hingga Juli 2021 sebelumnya dilakukan persiapan satuan pendidikan, monitoring, simulasi,” tutupnya.(kai)

Berita Terbaru