Minggu, Oktober 2, 2022
spot_img

Tingkatkan Peranan Masjid, Wakil Wali Kota Bekasi Minta Maksimalkan Manajemen Masjid

BerandaKota BekasiTingkatkan Peranan Masjid, Wakil Wali Kota Bekasi Minta Maksimalkan Manajemen Masjid

KOTA BEKASI – Dalam rangka optimalisasi peran masjid, Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, didampingi salah satu anggota TWUP4, Ihsan N. Kuncoro, meninjau pengelolaan manajemen Masjid Baitul Ma’mur Telaga Sakinah, Kabupaten Bekasi, Rabu (21/4).

Masjid Baitul Ma’muur memiliki beberapa program kegiatan di luar kegiatan peribadahan, program kegiatan tersebut diberi nama Eco Masjid, yakni masjid yang ramah lingkungan dan masjid yang memberi manfaat bagi lingkungan sekitar.

Berawal dari rasa kepedulian yang tinggi terhadap masjid dan lingkungan, H2c mencoba mengadopsi dari masjid fenomenal yang ada di Jogja, relawan Home Hasanah Community (H2c) tersebut membuat program yang dimana program tersebut akan diterapkan secara bertahap.

Program yang sudah berjalan, ialah pemanfaatan bank sampah, ATM beras bagi warga yang kurang mampu dan sepanjang bulan suci ramadhan ada program berbagi berupa buka puasa bersama.

Selain itu ada pula program belajar mengaji yang dalam pembelajaran bayar iurannya dengan mensedekahkan sampah yang ada di rumah dan juga sampah yang ada di jalan dimana sampah tersebut akan dikelola menjadi kompos, barang daur ulang dan juga limbah.

Tri Adhianto Tjahyono, selaku Wakil Wali Kota Bekasi, memberi apresiasi kepada pengurus DKM Masjid Baitul Ma’muur dan juga relawan H2c yang telah berupaya mensejahterakan masjid dan juga lingkungan.

“Apresiasi dari saya kepada pengurus DKM dan H2c, semoga segala bentuk kegiatan yang dilakukan menjadi nilai kebaikan bersama, jika mau lebih ditingkatkan lagi, tingkatkan lagi kedaulatan pangannya, dari instalasi hidroponik, budidaya maggot dan masih banyak lagi program-program yang bermanfaat lainnya,” katanya.

Tri berharap kesejahteraan Masjid Baitul Ma’muur dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan bisa menjadi contoh bagi masjid-masjid lainnya.

“Saya berharap apa yang sudah dijalankan bisa menjadi contoh bagi masjid lainnya,” tukasnya.(ad/gir)

Berita Terbaru