Rabu, September 28, 2022
spot_img

SD Ananda Bekasi Terapkan Ujian Kejujuran Lewat Aplikasi Online

BerandaKota BekasiSD Ananda Bekasi Terapkan Ujian Kejujuran Lewat Aplikasi Online

KOTA BEKASI – Sebagai salah satu sarana mendidik kedisplinan bagi anak didiknya, khususnya para siswa kelas 6 saat mengikuti Ujian Sekolah, SD Ananda Bekasi terapkan Ujian Kejujuran di lingkungan sekolahnya yang dimulai sejak tanggal 19-23 April 2021.

Kepala Sekolah SD Ananda Bekasi, Bayu Artadri, membenarkan bahwa saat ini pihaknya sedang melaksanakan Ujian Sekolah khusus bagi siswa kelas 6 dan diikuti oleh 125 siswa dengan sistem online.

Dijelaskannya, untuk teknis Ujian Sekolah dengan mengedepankan kejujuran, nantinya para siswa diminta mempersiapkan dua buah handphone atau satu unit note book dan satu unit handphone yang kemudian dihubungkan dengan aplikasi khusus untuk mengerjakan soalnya dan satu unit lainnya untuk mengawasi siswa secara online yang dihubungkan ke wali kelasnya melalui sebuah aplikasi khusus pula.

“Mereka diminta menyiapkan dua unit handphone dimana satu handphonenya untuk mengerjakan soal melalui aplikasi GoogleClassroom dan satunya terhubung dengan wali murid dengan aplikasi khusus Zoom Meeting untuk proses pengawasannya, jadi kalau mereka berbuat curang akan ketahuan, oleh karena itu kami menekankan kejujuran pada saat mengerjakannya,” jelasnya, Kamis (22/4).

Sebagai sekolah pembauran di Kota Bekasi, Bayu menekankan, pelaksanaan Ujian Sekolah dengan mengedepankan prinsip kejujuran saat pengerjaannya, diharapkan bisa menjadi sebuah budaya bagi siswa baik bagi dirinya sendiri yang bisa diterapkan dalam lingkungan rumahnya dan sekolah nantinya.

“Yang perlu diingat bahwa pada pelaksanaan ujian yang mengedepankan kejujuran siswa saat mengerjakannya, bisa menjadi sebuah budaya yang bisa mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari sekaligus sebagai sarana edukasi bagi siswa SD Ananda Bekasi,” tekan Bayu.

Terpisah, Supriatina, salah seorang tenaga pendidik SD Ananda Bekasi mengatakan bahwa Ujian Sekolah yang mengedepankan kejujuran siswa saat proses pengerjaannya, juga menerapkan sanksi berupa teguran bagi siswa yang ketahuan melakukan kecurangan.

“Sanksinya tetap ada berupa teguran lisan saja karena intinya kami mengharapkan kejujuran dari mereka,” tegasnya.

Dalam proses pelaksanaan ujian yang dilakukan secara online tersebut, para siswa SD Ananda Bekasi juga diwajibkan mengenakan seragam sekolah sedangkan untuk waktunya sendiri dilaksanakan mulai hari Senin, Selasa dan Rabu pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB, Kamis mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 09.00 WIB dan Jumat mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 08.30 WIB.(gir)

Berita Terbaru