Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Perusahaan Boleh Cicil THR Tetapi Selesai Sebelum H-7

BerandaKota BandungPerusahaan Boleh Cicil THR Tetapi Selesai Sebelum H-7

BANDUNG – Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung menegaskan bahwa perusahan boleh mencicil tunjangan hari raya (THR) dengan catatan sebelum H-7 cicilan itu sudah selesai terbagikan.

“Bisaa terbayarkan minimal H-7, kedua kami sudah membuka posko pengaduan THR di jalan Martanegara no 4, dan apabila ada komunikasi kedu belah pihak pekerja dan perusahaan agar segara melaporkan dinas,” ungkap Arif Saefudin pada Bandung menjawab, Selasa (27/4/2021).

Untuk besaran THR dikatakan Arif semua perusahan sudah tahu rumusannya sesuai regulasi.

“Belum ada pengajuan sesuai regulasi saja, belum ada yang mengajukan cicilan. Kalau misal ada pelanggaran kami akan komunikasi dengan pihak wasnaker karena kewenangannyaada di wasnaker provinsi Jabar,” bebernya.

Tahun lalu lanjutnya jenis pelanggaran diseputar cicilan pesangon dan PHK.

“Kalau sekarang dicicil itu tetap h -7 dibayarkan bukan berarti lewat lebaran, kontrak pun sama, wajib dibayar sesuai permenaker, semua sudah dinaungi regulasi jadi tenang ya. Pekerja kita ada sekitar 1.167.849 orang,” tutupnya.

Sampai hari ini permasalahan pekerja dan perusahaan menurut Arif masih berjalan bahkan bertambah terus, tahun lalu pihaknya menyelesaikan sebanyak 147 kasus atau seharinya menyelesaikan 3 perselisihan.

Sementara itu Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Hermawan menyampaikan pembayaran upah bagi karyawan kontrak atau outsourcing
tentunya dibayar secara proporsional.

“Misal kalau masa kerja hanya 5 bulan x upah : 12 (masa kerja x upah : 12). Untuk sanksi dan waktu semua sama yang berlaku di Indonesia,” jelasnya.(kai)

Berita Terbaru