Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Kunjungi Kota Bekasi, Menaker Apresiasi May Day Yang Dilakukan Dengan Cara Sederhana Dan Berbeda

BerandaKota BekasiKunjungi Kota Bekasi, Menaker Apresiasi May Day Yang Dilakukan Dengan Cara Sederhana...

KOTA BEKASI – Perayaan May Day pada masa pandemi Covid-19 di tahun ke-2 dilakukan secara sederhana oleh para buruh. Hal tersebut senada dengan yang disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziah, saat mengunjungi BBPLK di Jalan Guntur Raya, Bekasi Selatan Kota Bekasi, Sabtu (1/5).

Didampingi Federasi Serikat Buruh, Ketua Umum APINDO, Hariyadi Sukamdani, serta Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, ia juga menyampaikan bahwa dirinya mengapresiasi perayaan Hari Buruh tersebut dengan cara yang berbeda.

“May Day tahun 2021 ini dalam suasana yang berbeda, ini tahun kedua perayaan May Day dalam suasana yang berbeda, masih ada teman-teman yang merayakan dengan turun ke jalan, namun banyak sekali yang merayakan dengan cara melakukan kegiatan sosial,” ujar Menaker.

Untuk tema May Day tahun 2021 kali ini adalah ‘Recover Together’, dimana dalam pelaksanaannya membutuhkan dukungan dari seluruh lapisan.

“Recover itu nggak bisa kita lakukan sendiri, pemerintah sendiri, pemerintah sudah mengeluarkan berbagai cara untuk bisa keluar dari pandemi Covid-19, pemerintah tidak bisa sendiri, pemerintah membutuhkan bersama-sama dengan teman pengusaha yang didukung oleh teman-teman dari pekerja atau buruh,” kata Menaker.

Lebih lanjut Menaker menuturkan, bahwa Kemenaker akan menyalurkan bantuan kepada buruh yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 melalui perwakilan di wilayahnya masing-masing.

“Kami melakukan kegiatan lain bersamaan dengan BPJS Ketenagakerjaan, kami menyerahkan bantuan kepada teman-teman yang terdampak Covid-19 yang disalurkan ke seluruh perwakilan BPJS diberbagai Provinsi,” imbuhnya.

Selain itu, untuk mengurangi dampak penyebaran wabah Covid-19, Kementerian Tenaga Kerja juga akan segera melakukan vaksinasi kepada pekerja atau buruh maupun tenaga kesehatan.

“Kami juga akan memulai vaksin untuk memulai dari vaksin kepada pimpinan yang selanjutnya nanti juga akan melakukan vaksin gotong-royong yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang.

“Kita juga akan melakukan Tali Asih kepada tenaga kerja atau tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di Wisma Atlet,” terangnya.

Perayaan hari buruh (May Day) tahun 2021 dirasakan sangat berbeda, terlebih lagi perayaan tersebut masih dalam suasana Ramadhan serta pandemi Covid-19. Buruh diberbagai wilayah di Indonesia merayakannya dengan sederhana.(ad/gir)

Berita Terbaru