Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Lewat Gerakan Cinta Zakat, BAZNAS Kota Bekasi Salurkan Zakat

BerandaKota BekasiLewat Gerakan Cinta Zakat, BAZNAS Kota Bekasi Salurkan Zakat

KOTA BEKASI – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bekasi kembali menyalurkan dana zakat sebesar Rp1.072.800.000 miliar lebih yang disalurkan bertepatan pada 23 Ramadhan 1442 Hijriah atau 5 Mei 2021.

Sejumlah dana zakat tersebut dialokasikan dalam bentuk dana bantuan kepada 680 guru ngaji Kekar sebesar Rp816.000.000 juta, 168 Amil Janazah sebesar Rp126.000.000 juta, 336 lansia sebesar Rp100.800.000 juta dan berupa 300 paket sembako untuk pesapon Pemkot Bekasi sebesar Rp 30.000.000 juta. Simbolis pemberian dana zakat kepada penerima bantuan dilaksanakan di Islamic Center Kota Bekasi, Kamis (6/5). Kegiatan penyaluran dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan berlangsung dengan lancar.

Asda II Kota Bekasi, Sudarsono yang mewakili Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengapresiasi BAZNAS Kota Bekasi yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Pemkot Bekasi sangat mengapresiasi kinerja BAZNAS Kota Bekasi dalam menghimpun dan menyalurkan zakatnya,” tegasnya.

Ia berharap BAZNAS Kota Bekasi dapat terus melakukan kerjasama bukan hanya kepada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang sudah ada, tetapi juga bisa membuka komunikasi dengan UPZ Swasta yang ada diseluruh wilayah Kota Bekasi dalam rangka untuk meningkatkan dana zakat dan menertibkan administrasi pengelolaan zakat, baik zakat profesi maupun zakat lainnya di Kota Bekasi.

“Kami berharap kedepannya BAZNAS Kota Bekasi UPZ-UPZ Swasta lainnya di Kota Bekasi dalam menghimpun dana zakatnya sehingga tertib administrasinya,” pesan Sudarsono.

Ketua BAZNAS Kota Bekasi, Ismail Hasim menyampaikan, kegiatan pendistribusian dana zakat Kota Bekasi ini, ditandai dengan penyerahan dana zakat secara simbolis kepada para penerima manfaat yang diundang dan untuk penerima manfaat lainnya akan disampaikan melalui rekening bank sesuai jumlah target penerima manfaat yang telah ditetapkan.

Disampaikan juga bahwa dalam kegiatan pendistribusian zakat ada titipan dana zakat dari Baznas Jawa Barat Sebesar Rp300.000.000 juta yang juga telah didistribusikan untuk penerima manfaat yang berhak menerimanya, yaitu warga Kota Bekasi yang masuk dalam kriteria penerima zakat.

“Dengan adanya kegiatan perdana ini BAZNAS kota Bekasi dengan semangat baru diharapkan dapat terus bisa meningkatkan pendapatan dana zakat dengan melakukan trobosan yang inovatif serta menghasilkan, melakukan peningkatan kerjasama dengan para UPZ yang ada serta terus membangun kekompakan dalam pelaksanaannya,” jelasnya.

Ia dan pengurus BAZNAS Kota Bekasi sejak dilantik pada tanggal 13 April 2021 bertepatan tanggal 1 Ramadhan 1442 Hijriah lalu, langsung bekerja melaksanakan tugas, diantaranya menyusun manajemen kepegawaian, konsultasi dan koordinasi dengan pihak pemerintah Kota Bekasi maupun dengan BAZNAS Jawa Barat dan BAZNAS Pusat.

Hal ini, dijelaskannya, dilakukan sebagai langkah awal guna memaksimalkan soliditas kepengurusan serta pelaksanaan tugas-tugas BAZNAS Kota Bekasi terdepan dalam kepedulian yang tetap mengedepankan transparansi dan akuntababilitas kinerja.

Ismail Hasim juga menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tugasnya beliau didampingi oleh empat orang Wakil Ketua, yakni Wakil Ketua I, Nurul Akmal, Wakil Ketua II, Abdul Haris, S.Sos.MSi, Wakil Ketua III, Sriyono dan Wakil Ketua IV, Ayi Nurdin.(gir)

Berita Terbaru