Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Harga Aman, Stok Aman, Pengunjung Pasar Jelang H-2 Menurun

BerandaHeadlineHarga Aman, Stok Aman, Pengunjung Pasar Jelang H-2 Menurun

BANDUNG – Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana memantau langsung harga harga di pasar tradisional salah satunya pasar Kosambi. Yana mengatakan hasil pantauan pasokan semua kebutuhan pangan aman.

“Jadi pertama pasokan aman, ada beberapa komoditas yang naik malah ada komoditas yang turun tapi yang penting pasokan aman, pembeli juga relatif lebih baik dibanding tahun lalu, lebih banyak pembelinya tahun ini,” kata Yana di lokasi, Senin (10/5/2021).

Untuk harga harga jelas Yana, daging ayam Rp40.000 per kilogram, daging sapi Rp140.000/kg, dan cabe merah tanjung Rp80.000/kg.

Faktor kenaikan harga itu kata Yana menurut pedagang karena trend menjelang lebaran.

“Tapi telur turun dari Rp26.000 jadi Rp23.000, bawang merah, bawang putih stabil. Kalau kenaikan harga karena kelangkaan kita bisa suplai, ini memang banyak suplai ada, kelihatannya ini momen menjelang lebaran
Karena lihat harga tidak terlalu tinggi, jadi tidak perlu operasi pasar (OP) karena pasokan ada cukup,” ucapnyan lagi.

Lanjutnya, puncak lonjakan pengunjung pasar kemungkin kemarin, karena pada H-1 cenderung turun karena sudah jarang orang bikin kue ataupun belanja banyak.

Hal sama disampaikan Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Elly Wasliah, menurutnya ada beberapa kenaikan komoditas tetapi pasokan aman tersedia.

Menurutnya, Pemkot masih menilai kenaikan harga itu wajar sehingga tidak perlu ada OP.

“Kalau pasokan berkurang baru turun tangan, H-2 puncak biasanya naik lagi, tapi ini tidak, mungkin karena pandemi covid-19, predisksi besok tidak akan ada kenaikan yang signifikan lagi,” tegasnya.(kai)

Berita Terbaru