Rabu, September 28, 2022
spot_img

MUI Siapkan Teks Ceramah Dan Khotib Bagi Warga Skala Kecil Ingin Shalat Ied

BerandaKota BandungMUI Siapkan Teks Ceramah Dan Khotib Bagi Warga Skala Kecil Ingin Shalat...

BANDUNG – Ketua MUI Kota Bandung Miftah Faridl mengatakan untuk membantu masyarakat yang ingin melaksanakan shalat Ied dengan skala kecil misal musala, atau majelis, keluarga bisa dibantu untuk teks ceramah ataupun Khotib (penceramah).

Kata Miftah, warga bisa langsung menghubungi kantor MUI.

“Khotib sudah disebar di kecamatan-kecamatan sehingga kalau ada yang mau melaksanakan silahkan langsung ke MUI,” ucap Miftah pada Bandung menjawab Selasa (11/5/2021).

Tema yang dibawakan penceramah sendiri kata Miftah sudah tersedia yakni syukur dan tetap sabar menghadapi pandemi covid-19 ibadah, tema itu boleh dipakai boleh tidak hanya untuk panduan saja. Sedang lama ceramah dibatasi maksimal 20 menit.

Masih kata Miftah pelaksanaan shalat ied boleh diskala kecil dan itu sengaja dilakukan sehingga meminimalisir kerumunan kerumunan.

Miftah pun mengingatkan agar warga setelah shalat agar langsung pulang tidak berkerumun ataupun bersalaman seperti tahun tahun lalu.

Sementara Kepala Kementerian Departemen Agama Kota Bandung, H. Tedi Ahmad Junaedi, bagi mesjid yang mengajukan shalat Ied agar melapor ke kecamatan atau KUA.

“Sampai hari ini belum ada pengajuan sampai ke tingkat kota Bandung,” jelasnya.

Namun dari 4000 mesjid di kota Bandung dipastikan sebagian besar akan melaksanakan shalat ied.

“Kalau ada yang di gang gang atau keluarga atau majelsi taklim mengadakan itu yang kami harapkan, namun bila dilapangan prokes harus ketat dan antar mesjid jangan bergabung,” tegas Tedi.(kai)

Berita Terbaru