Kamis, September 29, 2022
spot_img

Pastikan Stok Aman Jelang HKBN, Pemkot Bekasi Monitoring Penjualan Daging Potong dan Olahan

BerandaKota BekasiPastikan Stok Aman Jelang HKBN, Pemkot Bekasi Monitoring Penjualan Daging Potong dan...

KOTA BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Bekasi lakukan monitoring lapangan guna memastikan ketersediaan sapi potong, daging beku dan bahan olahan lainnya terpenuhi di masyarakat pada Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), yakni bulan Ramadhan dan lebaran.

DKP3 Kota Bekasi melaksanakan monitoring ke berbagai pasar dan supermarket juga Toko Tani Indonesia (TTI) dan ke PT. Dua Saudara, Selasa (11/5).

Kepala DKP3 Kota Bekasi, Abdul Iman mengatakan, monitoring dilakukan selain memastikan ketersediaan bahan pangan juga memastikan stabilitas harga dan menjamin daging potong yang tersedia di pasaran Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) dan memeriksa Nomor Kontrol Veteriner (NKV).

“NVK merupakan sertifikat sebagai bukti tertulis yang sah telah dipenuhinya persyaratan hygiene-sanitasi sebagai kelayakan dasar jaminan keamanan pangan asal hewan pada unit usaha pangan asal hewan,” jelasnya.

Pemeriksaan ini merupakan kerjasama antara Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan dengan Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementrian Pertanian RI dan Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan terhadap Daging dan Makanan Olahan yang terdapat di Toko Tani Indonesia yang berada di Kecamatan Jatiasih, Kecamatan Bekasi Timur dan Kecamatan Bekasi Barat.

Selain itu Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perkanan juga melaksanakan pengujian Keamanan dan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT).

“Kegiatan-kegiatan dilaksanakan secara terpadu di Pasar Bantargebang, Naga Swalaayan Jatiasih, Pasar Pondokgede, Hypermart Pondokgede, Pasar Kranggan, Giant Cibubur, Pasar Wisma Asri dan Superindo Teluk Pucung,” tukasnya. (ad/gir)

Berita Terbaru