Kamis, September 29, 2022
spot_img

Polres Metro Bekasi Kota Gencarkan Rapid Tes Pemudik Arus Balik

BerandaDaerahPolres Metro Bekasi Kota Gencarkan Rapid Tes Pemudik Arus Balik

KOTA BEKASI – Pemantauan terus dilakukan petugas Tiga Pilar Kota Bekasi dibeberapa pos pantau terkait dengan arus balik.

Dir Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Mukti didampingi Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol. Aloysius Suprijadi dan Wakapolrestro Bekasi Kota, AKBP. Alfian Nurrizal bersama dengan PJU Polrestro Bekasi Kota di Sasak Jarang, Bekasi Timur, Minggu (16/5) malam, melakukan pemantauan arus balik tersebut.

Para pemudik nampak mulai ramai memadati jalanan di wilayah Kota Bekasi untuk kembali ke tempat asalnya, baik yang kembali ke Kota Bekasi atau sekedar melintas untuk menuju DKI Jakarta.

“Untuk malam ini di Sasak Jarang, penyekatan yang kita lakukan disini ada warga yang kembali dari mudik, kira melaksanakan tes antigen hari ini untuk di pos ini saja 223 dan tidak ada yang reaktif, jadi masyarakat bisa melanjutkan perjalanan,” ujar Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol. Aloysius Suprijadi.

Lanjut dia, ada 4 pos pemantauan yang juga menyiapkan rapid antigen bagi pemudik yang melintas di Kota Bekasi, yaitu Tongyang, Kalimalang Bekasi Timur, pintu Tol Bekasi Timur, Sasak Jarang, Bulak Kapal Bekasi Timur dan pintu Tol Bekasi Barat.

“Pemudik yang melintas terutama dari Jawa Tengah akan kena pemeriksaan disini,” tambahnya.

Polrestro Bekasi Kota dibantu Dinas Kesehatan Kota Bekasi telah menyiapkan 1.200 alat tes antigen yang ada di 4 lokasi tersebut. Masing-masing pos menyiapkan 200 alat tes antigen bagi pengendara yang melintas. Jika ada yang terindikasi reaktif maka, Dinas Kesehatan Kota Bekasi sudah menyiapkan ambulance.

Diketahui, Operasi Ketupat Jaya 2021 dilaksanakan sejak 6 Mei hingga 17 Mei. Sasarannya kali ini ialah para pemudik yang kembali dari kampung halaman menuju Kota Bekasi, DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Belum ada perpanjangan, tapi tes antigen ini akan bergeser ke pemukiman,” tegasnya.

Budi Irawan (27), salah satu pemudik asal Wonosobo yang akan menuju Jakarta menuturkan bahwa selama perjalanan menuju DKI, ia baru menemui pemeriksaan dengan tes antigen. Dirinya mengaku senang karena surat hasil dari antigen dapat dipergunakan untuk dirinya mulai berkerja.

“Dari Jawa nggak ada pemeriksaan apalagi tes antigen, baru di sini saja, Alhamdulillah saya memang butuh buat nanti kerja, karena waktu mudik saya juga sempat tes antigen,” kata Budi.

Penyekatan dan pemeriksaan para pemudik yang kembali ke DKI Jakarta dan sekitarnya, juga dalam rangka Operasi Ketupat Jaya 2021. Senin 17 Mei 2021 merupakan hari terakhir Operasi Ketupat Jaya 2021. (gir)

Berita Terbaru