Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Pihak Perusahaan Minta Buruh Hormati Proses Hukum

BerandaKota BandungPihak Perusahaan Minta Buruh Hormati Proses Hukum

BANDUNG – Sebelum lebaran buruh produsen dan eksportir garmen PT Materinya Jaya Abadi (MJA) sempat melakukan aksi demo. Mereka menuntut pembayaran upah selama masih bekerja dan tunjangan hari raya (THR).

Aksi itu sempat membuat jalan sekitar pabrik tersendat dan selain aksi di pabrik buruh pun nekad melakukan aksi demo dikediaman pemilik perusahaan.

Menanggapi aksi itu kuasa hukum MJA Aldis Santika menghimbau buruh menghormati proses hukum yang tengah ditempuh di Mahkamah Agung.

“Hormati prosedur upaya hukum kasasi yang sedang kami tempuh jadi kemarin itu mengenai tuntutan haknya dan sebagainya terakumulasi dalam putusan, memang ada beberapa poin tidak sependapat makanya kami melakukan proses kasasi, kami daftar di tanggal 7 Mei 2021, proses berjalan tunggu keputusan dari mahkamah agung,” jelas Aldis, Senin (17/5/2021).

Kendati menunggu proses hukum, kata Aldis masih ada ruang sangat memungkinkan untuk mediasi. Malahan sebetulnya selama demo berjalan negosisasi dan konsolidasi dengan pihak buruh pun dilakukan.

“Namun demikian memang ada poin poin belum terjadi kesepakatan, semoga seiring berjalan waktu berharap bisa ada titik temu dan jadi solusi,” harapnya.

Sampai hari ini kata Aldis ada 1142 buruh yang sudah melakukan pemutusan kerja.

“Penekanannya adalah para buruh itu yang melakukan pengugatan bukan kami. Salah satu amar keputusannya adalah putus hubungan kerja, jadi sebetulnya buruh yang minta. Kami belum melajukan PHK, karena ini masih berjalan, proses mediasi di Disnakertrans dulu pernah diajukan karena kondisi tidak mungkinkan beberapa kali perundingan bersama tripartit, dari situ kami coba pertahankan, tiba tiba di bulan februari kami menerima gugatan,” bebernya.(kai)

Berita Terbaru