Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Presiden Pantau Pembangunan Kereta Cepat Jakarta- Bandung di Tol Japek KM 5+500 Jaticempaka

BerandaKota BekasiPresiden Pantau Pembangunan Kereta Cepat Jakarta- Bandung di Tol Japek KM 5+500...

KOTA BEKASI – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memantau pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung di 2 titik, yakni pertama di casting Yard 1 di Kelurahan Wangunharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi dan titik kedua, yakni di Tunnel 1 kereta cepat Jakarta-Bandung yang berlokasi di KM 5+500 Tol Jakarta-Cikampek, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede Kota Bekasi, Selasa (18/5).

Hadir, Gubernur Provinsi Jawa Barat, M. Ridwan Kamil, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Kapolres Metro Bekasi Kota dan Dandim 0507 Bekasi.

Titik pertama yang dikunjungi Presiden ialah Casting Yard 1 yang tepatnya berada di Kelurahan Wangunharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Lokasi tersebut merupakan salah satu fasilitas pendukung produksi dan distribusi box girder yang digunakan sebagai penyusun struktur trase proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Dilanjutkan kunjungan kedua Presiden Joko Widodo meninjau lokasi Tunnel 1 kereta cepat Jakarta-Bandung yang berlokasi di Km 5+500 Tol Jakarta-Cikampek, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede Kota Bekasi.

Terowongan yang memuat dua lintasan kereta cepat tersebut memiliki panjang 1,8 kilometer dan melintas di bawah tol Jakarta-Cikampek.

Pembangunan kereta cepat saat ini digarap oleh PT. Kereta Cepat Indonesia-Cina atau KCIC yang berjalan secara paralel. Pembangunan tersebut ditargetkan rampung pada tahun 2022. Pembangunan yang dimaksud mulai dari pembangunan jalur kereta, pembangunan stasiun dan sarana penunjang lainnya.

Dalam peninjauan itu, Jokowi meninjau casting yard, yakni sebagai tempat fasilitas produksi pembangunan sarana fisik jalan layang kereta cepat Jakarta-Bandung. Hadir pula, Duta Besar Cina untuk Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Presiden meminta agar proyek pembangunan ini bisa sekaligus sebagai transfer teknologi.

“Kita harapkan SDM-SDM kita mampu menangkap dan mengambil ilmu dari pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dan kita harapkan nanti apabila sudah diputuskan rencananya akan diperpanjang sampai ke Surabaya,” Kata Presiden RI. (ad/gir)

Berita Terbaru