Minggu, Oktober 2, 2022
spot_img

Perubahan Sistem Distribusi Air, Warga Dihimbau Siapkan Penampungan

BerandaHeadlinePerubahan Sistem Distribusi Air, Warga Dihimbau Siapkan Penampungan

BANDUNG – Mencoba ingin pemerataan pendistribusian air PDAM ke seluruh pelanggan Kota Bandung. Perusahaan Umum Daerah perumda (Perusahaan Daerah Air Minum) Tirtawening bakal membuat tiga pola baru pendistribusian air ke masyarakat.

Selain pemerataan Direktur Utama Perumda PDAM Tirtawening Sonny Salimi menyampaikan perubahaan itu dilakukan untuk mengurangi kebocoran air dan secara umum untuk memberikan pelayanan lebih baik lagi.

“Perubahan pola pendistribusi air, dirubah dengan beberapa metode selama 3 bulan. Dimulai 1 Juni 2021 dengan harapan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, jika sudah menemukan pola penggiliran air yang lebih efektif dan efisien,” jelas Sonny di ruang kerjanya, Senin (31/5/2021).

Semua alternatif kata dia akan dilakukan setiap bulannya untuk nanti dicari mana yang efektif dan akan terkoreksi atau terevaluasi dengan pencatatan.

“Berdasarkan jaringan pipa distribusi jaringan yang ada berikut pulp pulp yang dilayani, akan ada perubahan jadwal ke masyarakat,” ucap Sonny.

Karenanya ia menghimbau masyarakat atau pelanggan PDAM agar memiliki tempat penampungan (torn atau ground teng)

“Agar bisa menampung air pada saat jam gilirannya, karena kita belum bisa melayani selama 24 jam,” tegasnya lagi.

Dampaknya lanjut Sonny, sebagian daerah bakal tidak atau terlambat teraliri air.

Perlu diketahui perubahan pola pendistribusian air ini dilakukan bagi 120 ribu pelanggan dari 6 pipa besar dilayani di Badaksinga, masing masing diameter pipa yakni 900 mm sebanyak 3 batang, 800 mm sebanyak 2 batang, dan 600 mm sebanyak 1 batang.

“Selama ini kita kesulitan mengidentifikasi pipa ini mengaliri dimana saja, semoga dengan pola baru mengefektifitaskan dan mengefisienkan jadi bisa terlihat karena kita mendokumentasikan. Yang pasti secara logika atau secara ilmu yang terjauh yang lebih rentan terganggu, semisal
Riung Bandung, Cibaduyut,” pungkasnya.

Perubahan pendistribusian air sendiri, besok akan dilakukan selama 12 jam, mulai dari pukul 24.00-12.00, 12.00-24.00 WIB.

Perencanaan pelayanan wilayah timur :
Waktu giliran dari pukul 06.00 s.d 12.00 wib. Cicadas, Cihaurgeulis dan Cikutra.
06.00 s.d 18.00 wib. Cihapit, Citarum, dan Cihaurgeulis. 09.00 s.d 06.00 wib Antapani tengah, Babakan sari, Cicaheum, Jatihandap, Karang pamulang, Kebon Gedang, Padasuka, Sekejati, Sukamaju, Sukamiskin, dan Sukapada. Dan waktu gilir 2 hari sekali dari pukul 09.00 s.d 06.00 wib Antapani kidul, Antapani kulon, Antapani wetan, Babakan Surabaya, Kebon Jayanti, Kebonwaru, dan Sukapura.

Pelayanan wilayah Barat : waktu gilir dari pukul 12.00 s.d 00.00 wib, Babakan Ciamis, Pasirkaliki, Arjuna, Ciroyom, Maleber, Garuda, Dungus Cariang, Warung muncang, Jamika, Sukahaji, Kebon jeruk, Cibadak, Jamika, Babakan Tarogong, Babakam Asih, Sukaasih, Kopo dan Panjunan. Waktu gilir 00.00 s.d 12.00 wib, Pelindung hewan, Kebon lega, Cigereleng, Ciseureuh, Wates, Batununggal, Mengger, Mekarwangi, Karasak, Pasirluyu, Cibaduyut, Cibaduyut kidul, Cibaduyut wetan, Margasuka, Margahayu utara, Cirangrang, Braga, Balonggede, Pungkur, Ciateul, Nyengseret, Situ saeur, Ancol, Karang anyar, Panjunan.(kai)

Berita Terbaru