Rabu, Oktober 5, 2022
spot_img

Pangdam Jaya Apresiasi Penerapan Nilai-Nilai Pancasila di Kampung Sawah

BerandaKota BekasiPangdam Jaya Apresiasi Penerapan Nilai-Nilai Pancasila di Kampung Sawah

KOTA BEKASI – Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, menyambut kedatangan Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Dudung Abdurahman, saat peninjauan lokasi Benteng Kampung Pancasila, Kampung Sawah Kecamatan Pondokmelati Kota Bekasi, Selasa (1/6).

Kampung Sawah dijuluki bentengnya Kampung Pancasila karena daerah tersebut memiliki sejarah toleransi umat beragama yang sangat baik sejak zaman penjajahan Belanda, implementasi nilai-nilai Pancasila tersirat pada kesahajaan antar umat beragama dalam bersosialisasi.

Ada empat lokasi peribadatan yang ditinjau oleh Pangdam Jaya beserta rombongan, yang pertama Masjid Ponpes Yasfi milik umat Islam, Gereja milik umat Protestan, Gereja milik umat Katolik, dan Pura milik umat Hindu, keberadaan tempat peribadatan tersebut bisa terbilang berdampingan.

Meski berdampingan, akan tetapi warga setempat sangat menjaga kerukunan antar umat beragama, saling menghargai satu sama lain dan saling menjaga toleransi umat beragama.

Usai peninjauan, Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Dudung Abdurahman menyatakan, apresisasi yang setinggi-tingginya kepada warga Kampung Sawah yang telah memberikan contoh yang baik dalam mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Saya apresiasi setinggi-tingginya kepada warga Kampung Sawah yang telah menjaga kerukunan, toleransi umat beragama dan telah mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono menuturkan, Pemerintah Kota Bekasi tentunya juga mendukung secara penuh atas kearifan lokal budaya yang ada di Kampung Sawah.

“Tentunya Bang Pepen dan Mas Tri Adhianto mendukung secara penuh kearifan budaya lokal yang ada di Kampung Sawah. Toleransi umat beragama yang ada di Kampung Sawah diharapkan bisa menjadi percontohan bagi daerah-daerah lainnya,” harapnya.

Dirinya juga berharap agar nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat diimplementasikan di tengah-tengah warga, khususnya bagi warga Kota Bekasi. Dengan demikian bisa dipastikan kerukunanan antar umat beragama dan keutuhan NKRI akan selalu tetap terjaga. (ad/gir)

Berita Terbaru