Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

5 Mantan Kepala Daerah Akan Dibuat Risalah, Salah Satunya Ridwan Kamil

BerandaKota Bandung5 Mantan Kepala Daerah Akan Dibuat Risalah, Salah Satunya Ridwan Kamil

BANDUNG – Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung Dina Nesfiana, menyampaikan saat ini pihaknya tengah melakukan penulusuran arsip sejarah untuk 5 tokoh mantan Wali Kota Bandung.

“Kita sudah melakukan pengurusan tokoh Ema Purwadireja, Ibu Inggit Garnasih, Wali Kota Okar Karnatawirakusumah dan tahun ini 5 mantan wali kota, Pak Ateng, Dada, Ridwan Kamil, Aa Tarmana, dan Wahyu Hamijaya,” jelas Dina di balai kota, Kamis (10/6/2021).

Penelusuran ini mulai dari lahir, rekam jejak, apa yang sudah dikerjakan para tokoh hingga keluarganya.

“Seperti Ibu Inggit cerainya lalu nikah lagi. Kegiatan itu penelusuran arsip, jadi risalah,” lanjutnya.

Sementara terkait pengawasan kata Dina pengawasan kearsipan sudah diinstruksikan Menpan harus baik.

“Kearsipan itu kontribusinya cukup tinggi pada penilaian nilai arsip. Kami sendiri mengadakan pengawasan internal tata naskah dan eksternalnya dari arsip nasional melalui provinsi kepada kabupaten kota. Penilaian kita buruk, cukup dan bulan Agustus kemarin memuaskan, mudah mudahan tahun ini sedang berkerja juga dengan inspektorat. Kita sudah menyebar ke 60 seluruh OPD dan kewilayahan, akan diumumkan baik sedang dan lainnya,” tegasnya.

Masih kata Dina arsip terbuka dan boleh di publish yang terkait sejarah misal haritage. Sedang arsip vital tidak boleh di publish misal IMB, AJB, rekam medis tidak boleh di publis karena ada ketentuannya.(kai)

Berita Terbaru