Rabu, September 28, 2022
spot_img

Dongkrak Vaksiniasi Lansia, Dinkes Kota Bandung Jemput Bola

BerandaNewsDongkrak Vaksiniasi Lansia, Dinkes Kota Bandung Jemput Bola

BANDUNG – Penyuntikan vaksiniasi covid-19 bagi lansia sampai hari ini masih belum maksimal.

Menurut Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (P2P Dinkes) Kota Bandung Rosye Arosdiana lansia itu unik dari 270 sasaran tidak bisa atau memenuhi karena ada beberapa larangan.

“Kalau 30% seharusnya 220 ribu lansia, ini baru 100 ribu lebih, memang banyak yang takut dan bukan vaksin seperti imunisasi biasa ya. Ini vaksiniasi harus pastikan tim dokter pelaksanaannya jadi tidak semudah dan sesimpel sehingga terpusat beberapa tempat,” ucap Rosye di balai kota, Kamis (10/6/2021).

Rosye juga membenarkan alasan lansia enggan di vaksin karena belum mau, tidak diijinkan, dan tidak bisa bergerak ke lokasi.

Karenanya Dinkes melakukan strategi jemput bola dengan cara desentralisasi. Contoh dilakukan vaksiniasi masal ia menjamin lansia sedikit.

“Tapi kalau di RT RW nya pasti lansia banyak yang datang. Mudah mudahan bisa mendongkrak, selain itu terus edukasi,” ucapnya.

Permintaan ada UGD mini pun dikatakan Rosye setiap puskesmas siap kegawat daruratan di lokasi vaksinasi.

“Makanya saya sampaikan pelaksanaan tidak bisa se sample itu, hrs dijemput, 80 puskesmas kita siapkan SDM terlatih dan peralatan,” tutupnya.(kai)

Berita Terbaru