Rabu, September 28, 2022
spot_img

Keterbukaan Warga Diharapkan Hapus Stigma Negatif Pasien Covid

BerandaKota BandungKeterbukaan Warga Diharapkan Hapus Stigma Negatif Pasien Covid

BANDUNG – Sampai hari ini warga terpapar covid-19 masih saja diberi stigma negatif oleh lingkungannya, sehingga mereka yang positif menjadi enggan melaporkan kondisinya terpapar baik kepada masyarakat maupun ke tenaga medis.

Padahal dengan tidak terbuka mereka pasien covid-19 sangat dimungkinkan penyebaran akan terus terjadi. Sehingga kondisi kasus covid-19 terus meningkat dan petugas kesehatan akhirnya kewalahan.

Karennya Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiana berharap warga berpotensi ataupun tidak berpotensi namun merasa ada gejala mencurigakan agar melapor ke puskesmas terdekat.

“Misal kejadian kemarin dibubarkan ada yang bergejala segera lapor. Atau yang merasa hanya dirumah tapi kok gak enak badan, bergejala langsung ke puskesmas juga jangan diem saja,” tegas Rosye di balai kota, Kamis (10/6/2021).

Terlebih untuk para pasien covid-19 kata Rosye harus paham kapan ia harus bicara terkait kondisinya. Begitupun bagi mereka yang mereka kontak erat.

“Jika tidak ada keterbukaan tidak akan tahu. Padahal memang stigma itu masih ada, dampaknya warga enggan melapor dan takut. Makanya dituntut kerjasama bukan hanya pasien dan keluarga tapi juga lingkungannya, jadi warga males cerita tidak terbuka,” ujarnya.

Masih kata Rosye kerumunan dalam satu hari Puskesmas mengirim 900 sample ke laboratorium.

“Sehingga wajar dalam satu minggu 11 ribu sampel. Kita kan sekarang ada 28 RS rujukan. Sebetulnya penambahan itu bulan Januari ada 1300, Jan Februari tinggi, lalu Maret April turun. Dan Mei Juni sekarang agak meningkat. Tapi tempat tidur tidak turun tetap 1300-1400-1500, kalau isolasi di hotel 80, ini proses perpanjangan lagi tapi masih ada di Secapa TNI AD, BPSDM provinsi Jabar 40 orang dari kota Bandung. Yang menghuni didana yang isoman tidak memungkinkan di rumah,” bebernya.(kai)

Berita Terbaru