Rabu, September 28, 2022
spot_img

Yana Akui PPKM Bisa Kendalikan Kasus

BerandaKota BandungYana Akui PPKM Bisa Kendalikan Kasus

BANDUNG – Pemberlakukan Pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dikota Bandung dinilai dapat mengendalikan kasus penyebaran covid-19.

Sehingga jika Presiden RI Joko Widodo menerapkan PPKM tersebut, di Bandung sepakat.

Menurut Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, dengan PPKM aparat kewilayahan mudah menerapkannya karena mereka yang lebih paham masyarakat sehingga bisa dituruti atau diikuti.

“Makanya penguatannya skala mikro,
kita sudah plikasi kan waktu itu dengan PPKM bisa mengendalikan, sudah jelas satu wilayah itu masuk zona apa dan dengan treatmen seperti apa, bisa dilakukan,” ujar Yana di balai kota, Selasa (15/6/2021).

Yana pun kembali mengingatkan terus agar masyarakat sadar prokes. Terlebih kutub ekonomi dan kesehatan merupakan dua mata uang berbeda namun Pemkot mendahulukan kesehatan.

“Tetapi sekarang kalau orang tetap ingin keluar dan berjulan misal, ada resiko. Nah Presiden melihat dengan PPKM ketat itu kasus terkendali,” ucapnya lagi.

Akan tetapi kata Yana menurut beberapa indikator seperti positifity rate, konfirmasi aktif, estimasi reproduksi virus angkanya kota Bandung relatif masih dibawah standar WHO.

Sehingga ia beranggapan dengan PPKM relatif terkendal.

“Sambil kita lbukan 5 M tapi 6 M, mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan mengurangi mobilisasi, dan mendapatkan vaksin. Perlu diingat juga vaksin itu butuh proses. Tapi meski pemerintah sudah berbuat maksimal, pemerintah butuh bantuan masyarakat yakni sadar prokes tanpa kesadaran sama saja bohong,” keluh Yana.(kai)

Berita Terbaru