Senin, September 26, 2022
spot_img

Pasien Covid-19 Bergejala Tidak Langsung Ke Fasilitas Pemerintah Tapi Isolasi di Rumah atau Wilayahnya

BerandaKota BandungPasien Covid-19 Bergejala Tidak Langsung Ke Fasilitas Pemerintah Tapi Isolasi di Rumah...

BANDUNG – Penuhnya ruang isolasi di rumah sakit di kota Bandung mengakibatkan banyaknya antrian tunggu atau waiting list pasien covid-19 yang ingin dirawat di rumah sakit.

Karenanya Sekertaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mendorong agar isolasi dilakukan di lokasi terdekat dari rumah pasien ketimbang ke rumah sakit yang disediakan pemerintah atau isolasi mandiri.

“Diwilayah atau rumah selama layak melaksanakan isoman. Di fasilitas pemerintah memang gratis tapi
idealnya seperti itu jangan dulu langsung ke tempat yang difasilitasi Pemkot berdayakan dulu isoman di wilayahnya,” jelas Ema usai ratas di balai kota, Rabu (16/6/2021).

Karena itu pula kata Ema, camat sebagai ketua gugus tugas di wilayah harus piawai optimal menjelaskan, mengedukasi masyarakatnya bahwa setiap gejala jangan di konotasi harus dirawat atau isoman langsung ke ruang isoman yang disiapkan pemerintah.

Ia pun mencontohkan rumah isoman di RW 04 Rancasari Kota Bandung sangat representatif. Kesiagaannya ada semisal tabung oksigen, tempat tidur layak, jarak kamar antat kamar sangat layak.

Masih kata Ema camat sudah pasih terkait PPKM. Dan jika itu dilakukan, maka hal hal yang harus dilakukan agar inventarisasi betul masyarakat terkonfirmasi sehingg terpetakan secara maksimal dan terawasi secara maksimal.

Lanjutnya harus koordinasi dengan semua unsur yang terlibat terutama unsur kesehatan, termasuk bila diwilayahnya ada warga berprofesi dokter atau perawat bisa diberdayakan.

Penyekatan di level terkecil sendiri bisa dilakukan kalau masyarakat sepakat wilayahnya di (close atau lockdown). Jadi yang keluar karena urgen dan kepentingan pangan mendesak yang tidak bisa dihindari saja tetapi kalau tidak ada kepentingan diam saja dirumah.(kai)

Berita Terbaru