Sabtu, Oktober 1, 2022
spot_img

Terbata-bata, Oded Ucapkan Terimakasih Kepada Nakes

BerandaKota BandungTerbata-bata, Oded Ucapkan Terimakasih Kepada Nakes

Pembatasan Operasional, Kapasitas Kembali Dilakukan Selama 14 Hari

BANDUNG – Ada pemandangan berbeda pada rapat terbatas (ratas) kali ini Wali Kota Bandung Oded M Daniel terbata bata seakan menangis saat membacakan pointer hasil rapat terbatas terutama saat mengucapkan terima kasih kepada aparat dan nakes yang telah menjadi garda terdepan selama penanganaan covid-19.

Menurut Oded hal itu karena natural dari lubuk hatinya sendiri.

“Mereka itu garda terdepan, tugas siang malam, tinggalkan keluarg. Saya pribadi gampang terpengaruh, itu fitrah insaniah saya natural saja,” jelas Oded usai ratas di balai kota, Rabu (16/6/2021).

Oded menghimbau sekaligus menyemangati kepada para tenaga kesehatan agar tetap semangat.

“Dan ini bagian ujian kepada kita semua khusus nakes, saya selalu mendoakan siang malam, kapan pun saya berdoa siang malam saya doakan,” ucap Oded.

Sebelumnya pada ratas kali ini beberapa pointer pembatasan kembali dilakukan selama 14 hari.

“Dalam Ratas tadi, kita telah membahas hal-hal antisipasi dan rencana penanganan kondisi tersebut. Adapun tindakan sudah dilaksanakan :
Pelaksanaan PPKM. Dimana kepada seluruh wilayah kelurahan dan kecamatan di Kota Bandung dihimbau untuk melaksanakan PPKM sampai tingkat RT,” ungkapnya.

Oded pun memerintahkan seluruh gugus tugas di semua level untuk full konsentrasi.

“Adapun Rencana antisipasi dan penanggulangan yang akan dilaksanakan diantaranya adalah
Vaksinasi. Alhamdulillah kegiatan vaksinasi sudah banyak di bantu jajaran TNI dan Polri, seperti besok di stadium GBLA untuk wilayah Bandung raya dan sekitarnya akan dilaksanakan vaksinasi masal,” jelasnya lagi.

Lanjutnya tempat hiburan dan tempat wisata ditutup. Restoran hanya melaksanakan take away, lalu jam operasional aktivitas ekonomi seperti mall, restoran toko modern dan PKL sampai dengan pukul 18.00 WIB.

Kecuali aktivitas di pasar tradisional sampai dengan pukul 10.00 WIB. Pemkot Bandung pun mengeluarkan himbauan kepada instansi / perusahaan untuk pelaksanaan WFH 50 %.

“Membatasi Kapasitas tempat ibadah 50 %, dan pembatasan kegiatan pengajian dan lain hanya dapat dilakukan secara online. PTM mulai dari ini sudah dihentikan, dan akan di evaluasi kembali pada tanggal 19 Juli 2021. Perluasan penutupan jalan, dari ring 1 ke ring 2 (walau tidak nyaman ini untuk demi keamanan dan tuntutan keadaan) Demikian beberapa hal yang dapat kami sampaikan,” papar Oded.

Data skor labeling Kota Bandung sendiri kata Oded masih zona orange, namun terjadi penurunan skor.

Dimana skor periode saat ini (7 juni sd 13 juni 2021) skor 1,81 sedangkan periode sebelumnya (31 mei sd 6 juni 2021) skornya 2,04.

Skor 1,81 ini sedikit diatas zona merah yang 1,80. Hal ini menandakan kondisi sangat kritis, sehingga perlu antisipasi dan peningkatan kewaspadaan.

Begitupun keterisian rumah sakit (BOR : Bed Occupancy Ratio) di Kota Bandung sampai dengan 15 Juni 2021 adalah 89,71 %. (kai)

Berita Terbaru