Sabtu, Oktober 1, 2022
spot_img

Gedung Baru Museum Kota Bandung Ambruk Saat Hujan Besar Disertai Angin

BerandaHeadlineGedung Baru Museum Kota Bandung Ambruk Saat Hujan Besar Disertai Angin

BANDUNG – Sebagian tembok gedung baru dibelakang gedung lama Museum Kota Bandung Jalan Aceh No.47 ambruk saat hujan besar disertai angin Senin (21/6/2021) petang.

Beruntung pecahan puing tembok gedung 3 lantai yang digagas mantan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan diresmikan pada 2018 oleh Wali Kota Bandung Oded M Daniel itu tidak menimbulkan korban jiwa hanya dua sepeda motor saat itu terparkir dibawahnya kena pecahan piung tembok yang juga mengenai kanopi kaca.

Seorang saksi mata petugas keamanan museum kota Bandung Harry Rifani mengatakan kejadian sekitar pukul 15.00 wib saat hujan besar disertai angin menguyur kota Bandung.

“Saya lagi di Pos depan tiba tiba terdengar suara dentuman saya lihat kesini dan sudah kondisi begini. Tidak ada korban jiwa cuma kendaraan ada sebagian kena bongkahan,” jelas Harry.

Seperti diketahui museum yang diharapkan menjadi pusat segala sejarah itu berdiri di bekas perkantoran Dinas Pemuda dan Olahraga dengan anggaran Rp13 miliar.

Untuk museum ini dibuat beberapa konten yang sebagian besar menerangkan tokoh dan peristiwa bersejarah di kota Bandung.

Bahkan sebagian isi museum didatangkan dari Leiden, Belanda. Sebanyak 3000 an foto dan dokumen yang diizinkan diduplikasi dan dipajang untuk edukasi ada disana.

Selain itu ada juga sumbangan dari warga yang memiliki benda bersejarah yang tersimpan di rumahnya.

“Kita kumpulkan kita jadikan itu sebagai artefak untuk generasi mendatang,” jelas Ridwan Kamil kala itu.(kai)

Berita Terbaru