Rabu, Oktober 5, 2022
spot_img

Beli Hewan Kurban Kini Makin Tenang Dengan E-Selamat

BerandaKota BandungBeli Hewan Kurban Kini Makin Tenang Dengan E-Selamat

BANDUNG – Kurang lebih 25 hari lagi menjelang perayaan Idul Adha dimana banyak umat Islam melakukan pemotongan hewan kurban.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Gingin Ginanjar mengatakan pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan.

“Persiapan untuk menghadapi Idul Adha bahkan sudah ada beberapa aktifitas pelatihan pemotongan hewan kurban dibeberapa kecamatan,” ucap Gingin, diruang kerjanya.

Yang unik tahun ini lanjut Gingin adalah penyediaan kalung sehat yang bisa dicek pembeli melalui aplikasi E-Selamat (Sehat, layak makin tenang).

Jika selama ini hanya berupa kertas sehingga mudah dipindahkan dari hewan sehat ke hewan tidak sehat. Kini setiap kalung sehat dilengkapi barcode sehingga tidak bisa dipindah pindah. Karena setiap sudah dibarcode saat di scenner oleh pembeli akan keluar identitas hewannya, mulai layak sehat, umur dan foto hewannya.

“Sudah membuat surat permohonan ke wilayah untuk penentuan titik lokasi bagi penjualan berharap dengan begitu terkontrol dan terhindar penjualan di tempat terlarang terlebih saat covid begini,” jelasnya.

“Kita menyiapkan aplikasi E-Selamat guna kelayakan dan kesehatan hewan kurban, aplikasi agar warga atau masyarakat yakin dengan hewan kurban yang dibelinya,” tambahnya.

Protokol kesehatan juga kata Gingin jadi syarat yang harus dikantongi para penjual mulai dari surat hewan sehat, lay out jalan masuk keluar masing masing harus ada, lalu menyediakan tempat cuci tangan, bermasker, dan pembeli pun diatur.

“Tidak secara explisit pedagang harus swab. Dan karena lahan lahan ditengah kota tak ada, sedang banyak penjual datang dari luar memanfaatkan trotoar. Nah itu harus minta ijin keaparat wilayah mana yang rekomendasikan tempat jualannya. Untuk pelatihan sendiri satu paket langsung disediakan hewan hidup jadi ajarkan cara memotong hingga merecah,” pungkasnya.(kai)

Berita Terbaru