Senin, September 26, 2022
spot_img

Agar Tak Berdampak Psikis, Terima Informasi Berita Dengan Bijak

BerandaKota BandungAgar Tak Berdampak Psikis, Terima Informasi Berita Dengan Bijak

BANDUNG – Pandemi covid-19 di Kota Bandung khususnya, masih belum berakhir namun pemberitaan ataupun kabar kabar di media cetak, online, radio bahkan media sosial berdampak psikis. Ada warga menjadi panik, phobia dan lainnya.

Hal itu menurut Pakar Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr. Irvan Afriandi, wajar karena kondisi saat ini banyak faktor orang akan menanggapi setiap pemberitaan dengan caranya sendiri.

Sebagian pihak akan menerima secara negatif dan sebagian pihak menerimanya secara positif. Namun disaat seperti ini sebaiknya semua pihak saling mendukung, saling membantu dan bergotong royong sehingga pandemi ini berakhir.

Disini juga peranan pemerintah harus selalu hadir walaupun terkadang teori dan implementasinya tidak sesuai.

“Karena kuncinya di implementasi. Kebijakan bagus implementasi repot,” jelas Irvan pada acara Bandung menjawab secara virtual, Kamis (1/7/2021).

“Tapi juga harus diketahui mungkin ketidak tegasan pemerintah karena kekurangan SDM atau anggaran dan lainnya,” ucapnya.

Irvan membenarkan bahwa saat ini banyak warga sudah bosan dengan kondisi ini tetapi jika hanya menyerah dan cuek sama sekali tidak berbuat apa apa, maka kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Irvan juga menyampaikan sosok pemimpin yang tegas yang bisa diikuti oleh rakyatnya disaat seperti ini harus tampil.(kai)

Berita Terbaru