Kamis, September 29, 2022
spot_img

Disdagin Pastikan Pasokan Oksigen Kota Bandung Aman

BerandaKota BandungDisdagin Pastikan Pasokan Oksigen Kota Bandung Aman

BANDUNG – Ketersediaan oksigen di kota Bandung diakui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagin) aman kendati pekan lalu sempat terjadi kelangkaan.

“Alhamdulilah dalam kondisi yang aman dari dua filling station (stasiun pengisian,red) karena di kota Bandung ada dua filling yang terbesar yaitu Samator gas industri dan Aneka gas industri, saya cek alhamdulilah pasokan aman dan nanti malam datang lagi pasokan liquid dari Cibitung,” jelas Kadisdagin Elly Wasliah saat dihubungi, Sabtu (3/7/2021).

Dengan demikian diakui Elly kebutuhan gas untuk rumah sakit dalam kondisi tersedia aman.

Produksi dari dua filling station tersebut diakui Elly per hari mencapai 5000 sampai 7000 meter kubik.

“Rumah sakit sudah terpenuhi dan nanti datang lagi. Tabung gas medis itu kan 6 meter kubik jadi rata rata dua filling tabi bisa menghasilkan 1000 tabung. Dari dua filling station jadi 2000 tabung gas,” pungkasnya.

Lanjut Elly beberapa waktu lalu sempat ada pengetatan dari filling station ke agen, pemberian oksigen prioritas untuk agen yang melakukan kerjasama dengan rumah sakit, sehingga pengecer sempat kesulitan oksigen.

“Ia karena memang prioritas ke yang kerjasama dengan rumah sakit, yang tidak kerjasama dikurangi. Karena kebutuhan juga banyak di rumah sakit. Tetapi karena puskesmas tidak ada kerjasama dan permintaan Dinkes agar bisa mudah mendapat oksigen, kami minta agar diperbolehkan mengisi gas ke filling station. Dan mereka membolehkan dengan syarat membawa surat dari kepala puskesmasnya,” jelasnya lagi.

Disinggung kini banyak warga yang isolasi mandiri membutuhkan gas oksigen. Kata Elly ketersediaan di pengecer pun aman sehingga tidak usah khawatir dan bisa membelinya jika memang sangat membutuhkannya.(kai)

Berita Terbaru