Kamis, September 29, 2022
spot_img

Oded: Selain Kurban Hewan Kali Ini Juga Kurban Perasaan

BerandaKota BandungOded: Selain Kurban Hewan Kali Ini Juga Kurban Perasaan

BANDUNG – Pada peringatan idul adha tahun ini, Pemkot Bandung menyalurkan kurban. Tahun ini para aparatur sipil negara (ASN) berkurban domba sebanyak 114 ekor dan sapi sebanyak 64 ekor.

“ASN domba 114, sapi 64, penyalurannya kepada lembaga-lembaga dari mulai forkopimda, ormas-ormas Islam, pesantren-pesantren.Diserahkan ke mereka aja nanti dikasih alamat, masih pendistribusian hari ini,” ucap Wali Kota Bandung Oded M Danial usai shalat idul adha, Selasa (20/7/2021).

Terkait kurban bagi umat Islam kata Oded, itu adalah udhiyah yang artinya berkurban penyembelihan dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat.

“Allah tidak membutuhkan darahnya, Allah tidak membutuhkan dagingnya tapi yang Allah butuhkan bentuk ketaqwaan kita yaitu dengan kita berkurban tapi konteks secara umum kurban itu banyak kurban perasaan dengan diam di rumah, kurban perasaan dengan memakai masker, itu saya kira,” jelas Oded.

Oded pun menyampaikan idul adha tahun ini masih diselimuti suasana covid-19 dan pemerintah memberi kebijakan shalat idul adha di rumah masing-masing.

“Alhamdulillah di Pendopo ini penghuninya cukup banyak. Saya berharap mudah-mudahan di dalam suasana idul adha ini kita dapat kesempatan untuk melakukan napak tilas dari Nabi Ibrahim A.S yaitu memiliki sebuah perjuangan didalam kehidupannya yang bernama waktu tadhiyah artinya jiwa pengorbanan yang sangat luar biasa,” ucapnya.

“Dalam konteks hari ini kita bangsa indonesia khususnya masyarakat di dunia yang sedang mengalami ujian covid-19, inilah saatnya kita justru merefleksikan bagaimana spirit dari tadhiyah itu,” tandasnya.

Lanjut Oded, pengorbanan kali dengan berdiam dirumah dan melaksanakan disiplin protokol kesehatan.

“Kita ini harus berkorban caricing diimah (diam dirumah,red), sosial distancing, pakai masker, semua prokes kita ini tadhiyah kita berkorban. Pasti yakin kita semua tidak mengenakan tapi sesuatu yang tidak enak itu merupakan suatu ujian untuk tadhiyah tadi berkorban.

“Banyak masyarakat yang merasa lelah diam di rumah tapi makanan tidak ada, yang memiliki rejeki lebih bertadhiyah hari ini,” imbunya seraya mengingatkan sesuai syariat kurban sapi untuk 7 orang dan domba untuk 1 orang. (kai)

Berita Terbaru