Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Wali Kota Bekasi Distribusikan Langsung Obat Dan Vitamin Bagi Warga Yang Isoman

BerandaKota BekasiWali Kota Bekasi Distribusikan Langsung Obat Dan Vitamin Bagi Warga Yang Isoman

KOTA BEKASI – Membawa data dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, langsung terjun ke rumah warga yang terpapar Covid-19 melakukan isolasi mandiri di kediaman masing masing, Kamis (22/7).

Kali ini, warga yang berada di Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Medansatria Kota Bekasi dikunjungi orang nomor satu di Kota Bekasi tersebut.

Dengan langsung menanyakan dan mendistribusikan obat sertya vitamin kepada warga yang melakukan isolasi mandiri, Wali Kota Bekasi didampingi Camat Medanstria dan Lurah Kalibaru serta tim dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

Wali Kota mengunjungi tiga kediaman keluarga yang telah dinyatakan positif Covid-19 dengan menanyakan keadaan dan sudah berapa lama menjalani isolasi mandiri dan juga menanyakan apakah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota Bekasi atau pun vitamin dan obat-obatan dari Puskesmas setempat.

“Dapat bantuan dari Pemkot Bekasi atau Puskesmas setempat, bapak-ibu,” tanya Wali Kota Bekasi.

Beberapa warga telah menyatakan bahwa obat-obatan dan vitamin dapat langsung dari Puskesmas setempat setelah dinyatakan positif, namun hanya obat tersebut tidak ada lagi.

“Saya minta kepada Lurah dan Kepala Puskesmas untuk selalu dipantau kesehatan warganya, apakah membaik ataupun memburuk,” tegasnya.

Beberapa keluarga yang melakukan isoman ini juga terdapat anak di bawah umur yang dinyatakan positif dan harus segera dikontrol 2 kali sehari untuk data terupdate di Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

“Mengenai obat-obatan dan sembako bagi warga isoman, selain petugas RT dan RW yang melakukan swadaya, peran Pemerintah pun harus hadir untuk melakukan cek rutin setiap warga yang melakukan isolasi mandiri,” paparnya.

Pada kunjungannya, Wali Kota melihat data dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi yang telah terpapar di zona merah, khususnya Kelurahan Kalibaru.

Wali Kota kembali menegaskan bahwa data seperti ini yang dibutuhkan untuk update laporan ke Provinsi Jawa Barat maupun langsung ke Pemerintah Pusat agar data yang diserahkan selalu update.

“Tidak masalah jika terus meningkat datanya, tapi beberapa waktu ini justru melandai di Kota Bekasi. Lurah dan Kapus harus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk update di wilayah masing-masing,” ujar Wali Kota.

Wali Kota Bekasi pada kesempatan tersebut juga memberikan beberapa vitamin dan obat sebagai pemulihan bagi warga yang terpapar Covid-19 serta warga yang melakukan isolasi mandiri.

“Dan harus dipastikan jika obat tersebut habis akan tetapi masih dalam keadaan yang sama, harus segera dikontrol kembali, jika sudah merasa enak badannya segera lakukan Swab PCR agar terlihat dan terpantau,” pesannya.

Upaya Pemerintah melalui Empat Pilar Kota Bekasi sudah berhasil melakukan koordinasi dalam memberikan arahan kepada Empat Pilar wilayah. Dari Empat Pilar hingga peran aktif Ketua PPKM Darurat, yakni Satgas Pamor dengan bantuan dari Ketua RT dan RW saat dinyatakan atau dilaporkan bahwa salah satu warga mendapati keluhan, langsung segera ditanggapi dan diberikan arahan melalui Puskesmas ataupun Lurah.

“Hal ini harus menjadi perhatian, apalagi bagi warga yang telah terpapar dan menjalani isolasi mandiri harus adanya cek rutin dari Puskesmas maupun pantauan dari Kelurahan,” pungkasnya. (ad/gir)

Berita Terbaru