Minggu, Oktober 2, 2022
spot_img

Bentuk Kepedulian, Wali Kota Bekasi Berikan Langsung Obat Dan Sembako Ke Warga

BerandaKota BekasiBentuk Kepedulian, Wali Kota Bekasi Berikan Langsung Obat Dan Sembako Ke Warga

KOTA BEKASI – Masih banyaknya warga Kota Bekasi yang menjalani isolasi mandiri (Isoman) akibat terpapar Covid-19, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, menyalurkan langsung obat antivirus dan sembako ke warga yang berada di Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi.

Beberapa kediaman warga sempat dikunjungi orang nomor satu di Kota Bekasi ini, yakni warga di RW11, RW12, RW04 dan Cluster Rugun Green Village.

Dengan cara mendatangi satu persatu, Wali Kota Bekasi mengecek keberadaan warga yang melakukan isoman dengan cara by name by address sesuai data dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi untuk segera diberikan tambahan obat dan vitamin.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, bersama Camat Bekasi Selatan, Ashari, dan didampingi oleh Sekretaris Kelurahan Jakamulya, Kepala Puskesmas Jakamulya serta Satgas Pamor RW, meninjau ke kediaman para warga yang isoman dan menanyakan beberapa tindaklanjut dari Puskesmas semasa menjalani isolasi mandiri.

“Sudah berapa lama rentang waktu menjalani isoman dan berapa keluarga yang telah terpapar, hal inilah yang perlu dijadikan data untuk proses penyaluran obat dan sebagainya selanjutnya,” ujarnya, Senin (26/7).

Dijelaskannya, dari beberapa warga yang sedang isolasi mandiri bahwa saat dinyatakan positif Covid-19, pihak Puskesmas telah menjalani perawatan walau tidak intens.

Wali Kota Bekasi kembali menegaskan bahwa peran aktif dari Empat Pilar di wilayah dalam mengontrol para warga yang isoman di rumah masing-masing dan telah terdata, sangatlah penting peranannya.

“Keberadaan Empat Pilar dalam membantu melakukan kontrol terhadap warga yang isoman di wilayah masing-masing, sangatlah penting,” akunya tegas.

Kembali ditegaskan kepada Empat Pilar di wilayah, bahwa pada masa pandemi ini harus aktif dalam memantau situasi warga yang sedang isolasi mandiri maupun dalam hal penegakan protokol kesehatan.

“Setiap harinya harus terpantau apakah obat habis atau kondisi para pasien dalam proses tahap penyembuhan, sehingga ada peran Pemerintah yang hadir di tengah warga yang membutuhkan,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Bekasi juga melakukan mendata langsung kebutuhan obat apa saja yang dikonsumsi para pasien terpapar Covid-19 untuk didistribusikan lagi tambahan obat dan vitamin serta sembako dalam menjalani isoman sampai dinyatakan sembuh.

“Mau si pasien memiliki obat mahal sekalipun, tetap didistribusikan obat dari Pemerintah Kota Bekasi karena sudah menjadi hak dan tugas kita,” jelas Wali Kota kepada Kepala Puskesmas setempat.

Pria yang akrab disapa Pepen tersebut menegaskan, dirinya melakukan hal tersebut untuk memastikan adanya dorongan dan dukungan untuk para isoman di rumah, juga sekaligus menunjukkan langsung bahwa Pemerintah hadir untuk warga Kota Bekasi dalam memberikan bantuan kepada warganya.

Kunjungan ini telah berlangsung ke beberapa wilayah sejak pekan lalu, diantaranya Kelurahan Bojongmenteng, Kelurahan Kalibaru dan kini Kelurahan Jakamulya dalam hal pendistribusian obat-obatan dan sembako untuk para isolasi mandiri.

Wali Kota meminta maaf kepada warga dalam hal tidak diperhatikan saat menjalani masa isolasi mandiri, maka dari itu selain mendata warga yang isoman, Pemerintah menyalurkan obat dan sembako agar memastikan warganya mendapatkan haknya dalam menjalani isoman. (ad/gir)

Berita Terbaru