Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Wali Kota Bekasi Minta Jajarannya Lebih Responsif Ke Warga

BerandaKota BekasiWali Kota Bekasi Minta Jajarannya Lebih Responsif Ke Warga

KOTA BEKASI – Rapat koordinasi bersama Tim Wilayah Candrabhaga terdiri dari Kecamatan Bekasi Timur, Kecamatan Bekasi Barat, Kecamatan Rawalumbu, Kecamatan Bekasi Selatan, Kecamatan Medansatria dan Kecamatan Bekasi Utara yang dihadiri oleh Satuan Tugas Pemantau Monitoring Wilayah (Pamor) RW dan juga tim kesehatan dari masing-masing wilayah diadakan di Stadion Patriot Candrabhaga pada pagi ini, Rabu (28/7).

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, melakukan beberapa arahan usai melakukan inspeksi mendadak ke warga yang melakukan isolasi mandiri (Isoman) di kediamannya masing-masing sekaligus mendistribusikan obat, vitamin serta sembako.

Wali Kota mengatakan bahwa Pamor wilayah selalu berusaha aktif dalam memantau kondisi para pasien isolasi mandiri (Isoman) karena ia sebagai Ketua Tim PPKM dimasing-masing RW bersama Ketua RT, Ketua RW, Lurah serta Kepala Puskesmas setempat.

“Mereka semua yang menjadi leading sektor penanggungjawab dimasing-masing wilayahnya, jadi harus mempunyai data aktif dan terupgrade yang akan dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kota Bekasi dan jangan lupa harus responsif ke warga,” tegas Wali Kota Bekasi.

Saat kunjungan Wali Kota dibeberapa Kelurahan untuk melihat kondisi para warga yang melakukan isoman, banyak hal yang ditemuinya, seperti tidak terdistribusinya obat atau sembako hingga pelayanan kesehatan yang hanya datangi pasien hanya sekali saja.

“Harus ada peran aktif Empat Pilar di wilayah dalam memantau kondisi pasien atau warga yang menjadi prioritas kesehatannya, karena ada perkembangan pada masa pemulihan dan tidak lupa dengan distribusi obat serta vitaminnya,” pesannya.

Ditegaskan pula bahwa Pamor harus aktif sebagai garda terdepan dimasa pandemi ini, bahwa kepentingan warga untuk dilayani menjadi peran penting masa pandemi ini. Lurah dan Kepala Puskemas harus mengontrol dan mendata keadaan para warga yang isoman, apakah kondisi mereka selama masa isolasi mandiri sudah menjadi baik atau malah memburuk.

“Ini yang perlu diingat bahwa Pamor merupakan garda terdepan dimasa pandemi ini,” jelasnya.

“Saya selalu meminta maaf kepada warga, karena sedikit kepedulian dari wilayah, mari kita kembali tunjukkan bahwa peran pemerintah adalah melayani warga,” sambung pria yang akrab disapa Pepen tersebut.

Dirinya juga mengingatkan bahwa tugas Pamor saat ini tidak hanya melayani warga yang melakukan isolasi mandiri saja, tetapi juga memberikan bantuan pelayanan kepada warga Kota Bekasi perihal penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST)

Lalu, kata dia, dengan adanya serbuan vaksinasi bagi warga, pendataan para pasien positif Covid-19 dan juga mengevakuasi warga, itu adalah tugas dari Pemerintah yang dikoordinasikan bersama Empat Pilar di wilayah dan juga peran aktif Pamor.

Sementara itu, Wali Kota juga menegaskan juga kepada para penanggungjawab dari tim wilayah masing-masing Kelurahan untuk langsung turun membantu ke wilayahnya masing-masing.

“Nantinya hal ini akan menjadi laporan mengenai perkembangan semasa pandemi ini. Dan perlu diingat agar saat terjun ke wilayah agar bekerjasama dan berkoordinasi untuk melakukan sosialisasi ke warga,” pintanya.

“Terima kasih atas kerjasama baiknya, dan tunjukkan bahwa Pemerintah hadir di tengah masyarakat, kita layani warga sepenuh hati,” tandasnya. (ad/gir)

Berita Terbaru