Kamis, September 29, 2022
spot_img

Akibat Pipa Bocor, 60-70 Persen Pelanggan Terganggu

BerandaKota BandungAkibat Pipa Bocor, 60-70 Persen Pelanggan Terganggu

BANDUNG – Akibat pipa bocor pasokan air dari sungai Cikalong Pangalengan Kabupaten Bandung ke Badak Singa Kota Bandung Sepanjang 36 kilo meter mengalami hambatan. Dipastikan 60-70 persen dari 176 ribu lebih pelanggan bakal terganggu.

Direktur utama Perumda Tirtawening Sonny Salimi mengatakan sebenarnya semua pelanggan terganggu namun dampak terasa bagi pelanggan di Bandung Timur dan Bandung Barat.

“Badak singa hampir 60-70% pelanggan terganggu. Kami melayani pelanggan Kota Bandung dan semua pasti terganggu, tapi kita masih mengolah 1350 liter per detik. Hanya mungkin pelanggan yang biasa 1 kubik jadi setengah kubik. Dan saya minta ini darurat musibah tidak diharapkan sehingga pelanggan agar berhemat,” ucap Sonny usai menyaksikan kondisi terkini pipa pecah di jalan Riau, Minggu (22/8/2021).

“Bagi pelanggan terganggu total bisa hubungi langsung karena kita sudah siapkan tangki tangki yang akan menyuplai,” ucapnya lagi.

Karenanya pelanggan PDAM diharapkan bisa lebih menghemat pasokan air untuk beberapa hari kedepan.

Masih kata Sonny, pihaknya selalu melakukan spuy atau perawatan asesoris.

“Jadi perawatan pipa tekanan dikendalikan oleh aps atau air plup sehingga terjadi tekanan tinggi akan dikendalikan diminimalisasi air plup melepas tekanan dan semua air plup masih berfungsi nanti kita cek. Setiap minggu selalu melakukan perawatan rutin. Ini 1 km dari kejadian pipa bocor lama sekitar tahun dua ribuan, dengan pipa yang sama Cisangkuy lama dan jenis pipa sama juga,” tuturnya.

Disinggung harus kah dilakukan pergantian pipa. Kata Sonny secara teori pipa tersebut bisa bertahan 100 tahun. Tapi banyak faktor mungkin pipa rusak semisal ada getaran tektonik, vulkanik, hingga getaran diatasnya.

Namun untuk pembangunan trotoar disebutnya tidak pengaruh tetapi bangkitan lalu lintas semisal dilewati kendaraan besar sangat memungkin pengaruh ke pipa didalam badan jalan.

“Ini sepanjang 36 km dari sungai Cikalong Pangalengan ke Badak Singa, jalur ada didalam dan di pinggir jalan tapi ketika jalan dilebarkan pipa jadi ke tengah jalan. Pipa yang dipinggir rel kereta dirubah jadi rumah ya pipa jadi didalam rumah warga,” ucapnya lagi.

Sonny menghimbau pelanggan PDAM agar menghemat air, bagi pelanggan tidak mendapat air bisa hubungi PDAM.

“Kalaupun ada yang dapat banyak dari atas dan dilalui mohon bisa berbagi,” imbuhnya.(kai)

Berita Terbaru