Senin, September 26, 2022
spot_img

Pemilihan Ketua RW di Bekasi Utara Dilakukan Secara Online

BerandaKota BekasiPemilihan Ketua RW di Bekasi Utara Dilakukan Secara Online

KOTA BEKASI – Adanya pembatasan kegiatan di masa pandemi Covid-19 menjadikan masyarakat harus kreatif serta inovatif dalam melakukan sejumlah kegiatan sebagai salah satu upaya mencegah terpaparnya virus dimasa pandemi. Salah satunya saat ada pemilihan Ketua RW. Jika biasanya pemilihan dilakukan dengan berkumpul, saat ini pemilihan dilakukan dengan online. Seperti yang dilakukan warga RW 09 Prima Harapan, Kelurahan Harapanbaru, Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi, para warga memilih calon Ketua RW periode 2021-2026.

Menurut Ketua Panitia Pemilihan, Imam Sulistyo, cara ini ditempuh karena warga patuh terhadap imbauan pemerintah untuk membatasi kegiatan dimasa pandemi.

“Tapi saat ini juga masa periodesasi ketua RW juga sudah habis, jadi dilakukan dengan pemilihan secara online,” jelasnya, Minggu (22/8/2021).

Dijelaskannya, pada proses pemilihan Ketua RW online tersebut, total ada 790 pemilih dari 15 RT, dimana sebelum pemilihan, panitia melakukan pendataan dan seluruh data sudah dimasukan di dalam sistem.

“Dalam setiap proses tersebut semua petugas menggunakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan membersihkan tangan setiap usai bertugas, panitia juga menyiapkan test anti gen,” imbuhnya.

Imam mengakui, tidak semua warga memilih dengan online. Ada juga warga yang sudah berusia lanjut, jadi panitia mendatangi warga tersebut untuk memberikan hak suaranya.

“Bagi warga yang sudah berusia lanjut, mereka didatangi langsung oleh panitia untuk memberikan hak suaranya,” tambahnya singkat.

Hasil pilihan warga tersebut dapat diakses di Sekretariat Pemilihan selayak realcount dan proses pemilihannya sendiri dilakukan dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. (ad/gir)

Berita Terbaru