Minggu, Oktober 2, 2022
spot_img

Serahkan Piagam Penghargaan OPD Terbaik, Wali Kota: Permudah Pelayanan Dan Pemberian Informasi Berdasarkan Data Dan Fakta

BerandaKota BekasiSerahkan Piagam Penghargaan OPD Terbaik, Wali Kota: Permudah Pelayanan Dan Pemberian Informasi...

KOTA BEKASI – Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, menyerahkan piagam penghargaan Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) terbaik bagi Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi seusai upacara HUT Republik Indonesia Ke-76 di Plaza Pemkot Bekasi, Selasa (17/8).

Penyerahan piagam penghargaan ini berdasarkan surat Keputusan Wali Kota Bekasi Nomor: 480/Kep.292-Hum/VI/2021 Tentang Hasil Monitoring dan Evaluasi Penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik pada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi Tahun 2021. Berikut adalah hasil pemeringkatan 3 besar untuk masing-masing kategori:

A. Kategori Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu:

1. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).
2. Kecamatan Pondokgede.
3. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Chasbullah Abdulmajid.

B. Kategori Pengelola Pengaduan Publik:

1. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).
2. Kecamatan Pondokgede.
3. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Chasbullah Abdulmajid.

C. Kategori Pengelolaan Media Sosial:

1. Kecamatan Bantargebang.
2. Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD).
3. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL).

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi juga mengatakan, PPID dianggap penting dalam memberikan informasi berdasarkan data dan fakta yang valid, sehingga masyarakat bisa memantau dan mengetahui perkembangan instansi pemerintahan melalui PPID, tidak perlu repot dan bingung mengenai keberadaan kabar dari sebuah instansi.

“Pelayanan informasi pada PPID harus sesuai dengan kaidah yang berlaku, juga untuk pendokumentasiannya agar semua proses administrasinya berjalan dengan baik,” ujar Wali Kota.

“Dalam terapannya, admin selaku gerbang informasi dan peran pembantu PPID harus responsif dan tanggap terhadap apapun yang menjadi keluhan dari masyarakat serta cepat tanggap dalam melayani permintaan warga untuk kemajuan Kota Bekasi,” tambahnya.

Terakhir, Wali Kota Bekasi berharap kepada peraih sertifikat penghargaan terbaik dalam setiap kategori diharapkan kedepannya sudah tidak adanya lagi keluhan terkait ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan publik dan harus lebih responsif. (ad/gir)

Berita Terbaru