Rabu, Oktober 5, 2022
spot_img

Pelajar SMA Dan Sederajat Kota Bekasi di Vaksin Pfizer

BerandaKota BekasiPelajar SMA Dan Sederajat Kota Bekasi di Vaksin Pfizer

KOTA BEKASI – Pelaksanaan vaksinasi terus berjalan di Kota Bekasi. Salah satunya adalah vaksinasi untuk anak usia 12 sampai dengan 17 tahun dan melalui program Gebyar Vaksinasi Jabar Juara, siswa-siswi SMA-sederajat dapat menerima vaksin mulai, Sabtu (28/8).

Pelaksanaan vaksinasi untuk siswa-siswi SMA-sederajat tersebar di sekolah-sekolah yang ada di Kota Bekasi. Salah satunya adalah di SMAN 2 Bekasi yang berada di wilayah Kelurahan Kayuringinjaya, Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi.

Lurah Kayuringinjaya, Ricky menyampaikan, bahwa proses vaksinasi di SMAN 2 Bekasi, mengerahkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Perumnas 2 dan tenaga nakes PMI Kota Bekasi sebanyak 40 orang dan tenaga administratif dari aparatur Kelurahan Kayuringinjaya, Puskesmas Perumnas 2 serta dibantu pula oleh tim guru dan staf dari SMA-SMK wilayah Kayuringinjaya sebanyak 50 orang.

“Serta tenaga pengamanan dari Bhabinkamtibmas, Babinsa, Linmas, Dishub, SatpolPP dan Pokdar Kayuringinjaya sebanyak 40 orang,” terangnya.

“Pelaksanaan vaksinasi anak di SMAN 2 Bekasi adalah pemberian dosis pertama jenis Pfizer,” sambungnya.

Ia mengatakan, pihaknya mengerahkan aparatur Kelurahan dalam jumlah banyak untuk membantu penginputan data ke dalam sistem vaksinasi nasional, sehingga dalam penginputannya dapat terlaksana dengan cepat, tidak ada penumpukan berkas yang terlalu lama, dan anak-anak pun juga nantinya bisa cepat mengakses sertifikat vaksin lewat PEDULILINDUNGI.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 2 Bekasi, Ardin menuturkan, untuk proses pendaftaran vaksinnya, siswa-siswi menerima formulir yang dikirimkan secara online melalui wali kelas untuk terlebih dahulu diisi di rumah dan ditandatangani oleh orang tua sebagai tanda persetujuan untuk dapat di vaksin.

“Kami kirimkan formulir secara online, melalui wali kelas masing-masing yang wajib ditandatangani orang tua terlebih dahulu sebagai tanda bahwa mereka setuju anaknya untuk divaksin. Mereka dapat mengisinya di rumah terlebih dahulu, datang sertakan formulir tersebut dilengkapi dengan fotocopy KK sehingga tidak memakan waktu yang lama di bagian pendaftaran hanya proses checking kelengkapan saja,” tuturnya.

Ia menambahkan, bahwa peserta vaksinasi yang merupakan siswa-siswi SMAN 2 Bekasi sendiri berjumlah sebanyak 791 anak.

“Jumlah anak-anak kami yang akan di vaksin sebanyak 791 yang tentunya sudah dengan persetujuan orang tua masing-masing,” tambahnya.

Vaksinasi berjalan sama dengan proses atau alur pada pelaksanaan vaksinasi lainnya, yakni siswa-siswi wajib dilakukan skrining atau pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu sebelum dinyatakan lolos untuk pemberian vaksin.

Penerapan protokol kesehatan di SMAN 2 Bekasi juga sangatlah baik. Dari luar disediakan alat cuci tangan dan semua yang datang wajib mencuci tangan terlebih dahulu, setelah itu dicek suhu tubuh, baru diperbolehkan masuk ke dalam area vaksinasi.

“Di dalam pun semua peserta disiplin pakai masker dan menjaga jarak sehingga tidak terjadi kerumunan,” tegas Ardin.

Sebagai informasi tambahan, di SMAN 2 Bekasi juga dilakukan vaksinasi untuk siswa-siswi SMS-sederajat lainnya yang lokasinya berdekatan, seperti SMA Martia Bhakti, SMK Teratai Putih, SMA Al-Ikhsan, SMA Nurul Huda dan SMA BPS dan K dengan jadwal pembagian waktu yang berbeda-beda. (ad/gir)

Berita Terbaru