Minggu, Oktober 2, 2022
spot_img

Lewat Mural, Seniman Kota Bekasi Serukan Lawan Covid-19

BerandaNewsLewat Mural, Seniman Kota Bekasi Serukan Lawan Covid-19

KOTA BEKASI – Belakangan ini tengah marak mural berisi isu politik, justru seniman mural Bekasi membuat seni menghias dinding jalanan dengan mengusung tema lawan Covid-19 dan bertahan di tengah pandemi.

Sebelumnya Pemerintah Kota Bekasi menggandeng komunitas seniman mural untuk membuat mural di sejumlah titik. Salah satunya di Fly Over Rawapanjang, Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi.

Dua tiang beton di jalan layang dilukis bertema keberagaman, mulai dari Planet Bekasi dan lawan Covid-19. Tema keberagaman dipilih untuk menggambarkan masyarakat Kota Bekasi yang bisa hidup berdampingan dan saling bertoleransi. Kota Bekasi dihuni oleh berbagai suku, ras dan agama.

Sementara tema lawan Covid-19 dipilih para seniman untuk mengingatkan masyarakat bahaya virus tersebut. Lukisan dinding (mural) lawan Covid-19 didominasi warna hijau sehingga mudah dilihat pengguna jalan.

“Ya tema itu selalu menyesuaikan keadaan dan agar gampang dilihat,” ujar Indra selaku seniman mural.

Indra menuturkan, tema seni mural melukis dinding tidak harus berisi isu-isu politik, kritik sosial atau menyampaikan aspirasi lewat lukisan.

“Temanya bebas, tergantung pelukisnya seperti yang di tiang Fly Over Rawapanjang bertema lawan pandemi. Apalagi itu area publik kan bagus kalau karya seniman mural dihargai dan tidak dihapus petugas,” ujar Indra. (gir)

Berita Terbaru