Sabtu, Oktober 1, 2022
spot_img

Menpan RB Sebut Pelayanan Masyarakat Di Kota Bandung Prima

BerandaDaerahMenpan RB Sebut Pelayanan Masyarakat Di Kota Bandung Prima

BANDUNG – Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementeria PAN RB Diah Natalisa membenarkan pelayanan masyarakat di Kota Bandung sudah layak dikatakan layanan prima.

“Ini kan pelayanan dari lahir sampai mati dan perijinan, selama beberapa tahun terakhir Kota Bandung sudah bagus dari skala 0-5, 4,51 masuk pelayanan prima,” ucap Diah usai evaluasi layanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di Pendopo, Rabu (1/9/2021).

Penilaian tersebut kata Diah dilihat dari penyelenggara sendiri bagaimana kinerja mereka (Pemkot Bandung), pihaknya yang melihat langsung dan masyarakat.

“Dua lokus ini terpenuhi, semoga indeks pelayanan ini meningkat walaupun pandemi. Saran pasti ada ya, tapi kota Bandung inovasi sudah dilakukan ada ‘sakeudap’, ‘geulis’, tidak berpuas diri harapan warga meningkat. Dan ini jadi role model, dua sudah ok ini ditiru unit lain, sehingga masyarakat nanti yang akan merasakan,” imbuhnya seraya mengatakan evaluasi itu acara rutin di semua kabupaten kota se Indonesia secara berkala setiap tahun.

Terkait kinerja dimasa pandemi diberlakukan working for home (WFH) kata Diah sebenarnya sudah ada aturan peniliaan sendiri. Pasalnya meski bekarja dirumah pelayanan tetap tidak boleh berhenti.

“Layanan tidak boleh berhenti, berbagai aplikasi teknologi informasi justeru sudah harus lebih baik layanan tidak gaptek dan produktif meningkat. Hikmahnya ini percepatan penggunaan teknologi dan kedepan semakin dibutuhkan, tapi namanya human kepedulian harus tetap ada, kompetensi ditingkatkan dan pelayanan terus diperbaiki,” tandasnya.

Sementara itu Wali Kota Bandung Oded M Danial menyambut gembira dua dinasnya tersebut dikategorikan telah memberikan pelayanan prima.

“Ini evaluasi kinerja pelayanan publik, ada Disdukcapil, DPMPTSP, dan Orpad, kota menerima arahan agar terus tingkatkan pelayanan prima.(kai)

Berita Terbaru