Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Kemensos RI Kenalkan Menu Usul-Sanggah di Aplikasi Cek Bantuan Sosial

BerandaHeadlineKemensos RI Kenalkan Menu Usul-Sanggah di Aplikasi Cek Bantuan Sosial

radarpena – Kementerian Sosial RI melalui Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kesos) mengenalkan menu baru Usul-Sanggah pada aplikasi Cek Bantuan sosial.

Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Sosial mengajak peran serta masarakat. Melalui menu Usul-Sanggah tersebut, agar masyarakat bisa memberikan masukan dan kritik kepada Kemensos terkait penyaluran bantuan sosial. Sehingga akan memperkecil kemungkinan orang yang tidak berhak tetapi terdaftar sebagai penerima (Inclusion error) dan orang yang layak tetapi tidak menerima atau tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (Exclusion Error).

Masyarakat dapat mengunduh Aplikasi Cek Bantuan sosial dimaksud pada https:// play.google.com/store/apps/details?id=id.go.kemensos.pelaporan. melalui menu pada aplikasi tersebut mayarakat dapat:

1. Mengusulkan dirinya beserta kelurganya dan dapat pula mengusulkan orang lain untuk menerima bantuan sosial.
2. Masyarakat dapat mengetahui atau melihat daftar penerima bantuan social di lingkungan tempat tinggalnya.
3. Masyarakat dapat mengajukan sanggah terhadap orang yang sebenarya tidak layak menerima bantuan social tetapi tercatat sebagai penerima.

Dengan adanya penambahan aplikasi tersebut, diharapkan tidak ada lagi pihak yang disalahkan akibat penyaluran bantuan sosial yang tidak tepat sasaran.

Sehubungan dengan pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang mana data tersebut adalah menjadi sasaran Bantuan Sosial Pusat.

Maka yang diharapkan adalah nama-nama yang terdaftar didalam Data terpadu Kesejahteraan Sosial adalah benar-benar orang yang sesuai kriteria kemiskinan baik menurut Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

Dasar hukum:

1. Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Data Terpadu kesejahteraan Sosial.
2. Peraturah Daerah Kota Bekasi Nomor 04 Tahun 2018 Tentang Penanggulangan Kemiskinan.
3. Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 109 Tahun 2019 tentang Kriteria Warga Miskin di Kota Bekasi.
4. Surat Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Sosial Nomor: 1259/1.7/DI.02/8/2021 tanggal 16 Agustus 2021 Hal Sosialisasi Menu Usul-Sanggah pada Aplikasi Cek Bantuan sosial.(gir)

Berita Terbaru