Rabu, November 30, 2022
spot_img

Mie Cepay Mie Kocok Legend Dari Kota Bandung

BerandaNewsMie Cepay Mie Kocok Legend Dari Kota Bandung
BANDUNG –  Siapa yang tak hafal mie kocok cepay, sudah puluhan tahun mie ini ada dan sampai saat ini masih disukai. Tak heran kalau ada anggapan belum ke Bandung kalau belum nyoba mie cepay.

Empunya mie cepay akrab disapa Haji Amat Rohman menyebut mie yang ia jual sudah ada sejak tahun 1975 atau 47 tahun lalu. Kala itu ia berjualan dengan berkeliling kota mulai dari rumah sakit Ranca Badak (RSHS), Baladewa dan beberapa ruas jalan lainnya.
“Jaman masih seratus perak atau cepe jualan saya sampai sekarang mulai dari Rp75 ribu sampai Rp100 ribu,” ucap pria 59 tahun atau 1963 itu saat ditemui sambil melayani pembeli.
Nama mie cepay sendiri, diakui Amat berawal dari para pelanggan yang kebanyakan orang Chinese. Mereka (pelanggan) suka bertanya nama mie jualannya.
“Ah kamu mah gak punya nama, udah kita kasih nama mie cepe ya mie cepay. Dan nama itu jadi terpakai dan terkenal  sampai sekarang,” ujar Amat menirukan pelanggannya dulu.
Bukan hanya nama yang melegenda, dari rasa pun kata Amat berpengaruh. Selain itu mie dimasak memakai arang kayu sehingga panas jadi lebih lama dan bahan mie kocok ditutup atau diselimuti daun pisang sehingga tahan lama dan kikil lebih empuk.
Karena semakin hari semakin banyak peminat mie cepay, Amat sempat membuka 5 cabang namun karena Amat mengaku sudah lelah kini tinggal tiga,  di jalan Samiaji, Gor Pajajaran, Miko Mall Kopo.
“Kalau di GOR dulu ini kan kuburan Belanda,  tahun 1983 baru ada kios kios ini dan. Selama covid-19 awal awal  3 bulan kita  tutup, pas PPKM juga  1 bulan,” tutupnya.(kai)

Berita Terbaru